spot_img
Kamis 25 Juli 2024
spot_img
More

    Puting Beliung Rusak Puluhan Rumah di Garut

    GARUT, FOKUSJabar.id : Puluhan rumah warga di Kampung Eureunsono Desa Sukaluyu Kecamatan Sukawening Kabupaten Garut Jawa Barat, rusak diterjang angin puting beliung Selasa (20/2/2019) sore tadi.

    Selain rumah warga angin puting beliung yang datang bersamaan dengan hujan deras tersebut juga merusak Mushola. Rumah – rumah yang sebagian besar mengalami kerusakan di bagian atap.

    Menurut keterangan warga, puting beliung menerjang begitu cepat. Kendati tidak durasinya sekitar sepuluh menit, namun warga se kampung di buat panik dan mencari perlindungan.

    “Gak lama paling sekitar sepuluh menitan, tapi lumayan besar. Semua disini pada ketakutan, tidak ada, sibuk cari perlindungan dan cari pegangan yang kuat, ” ujar salah seorang warga yang rumahnya turut rusak, Dudung (55).

    Komandan Unit Binmas Polsek Sukawening, AIPTU Wanto Eureunsono. Pihaknya langsung meninjau ke lokasi dan mendata beberapa kerusakan pasca-puting beliung. Menurutnya, puluhan rumah milik warga serta sebuah mushola mengalami kerusakan.

    ” Ya, angin kencang disertai hujan telah merusak puluhan rumah milik warga dan sebuah mushola,” kata Wanto kepada FOKUSJabar.id.

    Disebutkan Wanto, adapun rumah yang rusak diantaranya, rumah Useng (60), Bastaman (42), Endin (65), Endang Yamadi (65), Dudung (55), Ijang, Deni, Uman, Usep, Otong, Yadi, Sumiroh, Engkos, Aud dan sebuah Mushola.

    ” Kerusakan tersebut rata-rata pada bagian atap rumah,” imbuhnya.

    Dijelaskan Wanto, bencana alam angin puting beliung terjadi selama 10 menit yang dilanjut dengan hujan deras.

    ” Tidak ada korban jiwa, dan kerugian masih dalam pendataan,” pungkas Wanto.

    (Andian/DH)

    Berita Terbaru

    spot_img