spot_img
Rabu 30 November 2022
spot_img
More

    Kuncen Astana Gede Serahkan Pembangunan Rumah Leluhur ke Pemerintah

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Rencana Pembangunan Rumah Leluhur di Astana Gede, Kecamatan Kawali Kabupaten Ciamis ditanggapi Bah Daday Juru Kunci Astana Gede mewakili Galuh Sadulur. Sebelum wacana Pembangunan Rumah Leluhur, Galuh Sadulur dengan tegas menolak pembangunan Rumah Leluhur berbentuk Pureu atau Candi di Astana Geude Kawali Kabupaten Ciamis.
    Menurut Bah Daday,  rencana pembangunan Rumah Leluhur sudah diserahkan kepada Pemerintah yang mana memiliki kebijakan.
    ” Diawal kita dengan tegas menolak jika pembangunan bangunan fisik yang dimaksud oleh pihak Bali berbentuk Pure ataupun Candi, dengan bermusyawarah dengan semua tokoh masyarakat termasuk MUI Kecamatan Kawali,” tegas Bah Daday di Joglo Gedong Pusaka Kanjeng Prabu tepatnya di Musium Jambansari Kabupaten Ciamis, Minggu (4/2/2018)
    Bah Daday menjelaskan, polemik pembangunan Rumah Leluhur yang menjadi sorotan warga Ciamis saat ini, adalah bentuk kepedulian masyarakat Ciamis terhadap Budayanya, terhadapa sejarahnya sendiri.
    “Kita harus mengambil sisi positif dari peristiwa ini, polemik yang terjadi secara pribadi saya menilai bahwa masyarakat Ciamis memiliki akhlak yang baik dan rasa memiliki sejarahnya yang mana memang harus kita lestarikan bersama-sama,” jelas Bah Daday.
    Yang paling penting lanjut Bah Daday, dengan rangkaian silaturahmi yang dilakukan seperti dari pihak Kraton Solo dan Warga Bali belum lama dalam kurun waktu sebulan ini membuktikan bahwa Sunda Galuh itu terbukti besar dan diakui.
    ” Dari mulai bagian Indonesia Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur Hingga Bali mengakui bahwa mereka keturunan Kerajaan Galuh, dan mereka mengakui itu,” tegasnya.
    Bah Daday berharap, masyarakat Tatar Galuh harus siap untuk berbhinekaan, bahwa saudara – saudara sunda dari penjuru Indonesia kini mulai kembali menjalin tali silaturahmi dan menyampung rantai sejarah yang telah terputus.
    (Riza M Irfansyah/ )

    Berita Terbaru

    spot_img