CIAMIS,FOKUSJabar.id: Disdukcapil Ciamis Jawa Barat (Jabar) terus menunjukkan komitmennya dalam memberikan pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) yang inklusif bagi seluruh lapisan masyarakat.
Melalui program ungulan “Gadis Manis,” Disdukcapil Ciamis turun langsung ke lapangan untuk memberikan pelayanan perekaman KTP kepada warga yang membutuhkan.
BACA JUGA:
Kapolres Ciamis AKBP Hidayatullah Borong Dua Penghargaan Prestisius
Kali ini jemput bola ke Desa Jalatrang Kecamatan Cipaku dengan menyasar lima orang wargaterdiri dari lansia dan penyandang disabilitas.
Proses perekaman dilakukan langsung di rumahnya masing-masing menggunakan perangkat perekaman portabel (mobile kit). Adapun data yang direkam, foto wajah, iris mata, sidik jari dan tanda tangan digital.
Para petugas bekerja ekstra hato-hati dengan pendekatan yang humanis dan penuh empati.
“Program Gadis Manis merupakan bentuk nyata kami dalam menjamin hak Adminduk bagi seluruh masyarakat. Termasuk lansia dan penyandang disabilitas,” ungkap Kepala DisdukcapilCiamis, Yayan Muhamad Sopyan, Kams (13/11/2025).
“Kami tidak menunggu mereka datang. Kami hadir langsung ke rumah warga,” Dia menambahkan.
Dia mengapresiasi kepada seluruh petugas lapangan yang penuh dedikasi melaksanakan pelayanan hingga pelosok desa dengan berbagai tantangan di lapangan.
Pelayanan seperti itu adalah bukti nyata ASN Disdukcapil Ciamis hadir untuk masyarakat.
“Dengan semangat melayani, kami ingin memastikan tidak ada warga Tatar Galuh yang tertinggal dalam kepemilikan identitas kependudukan,” ucapnya.
BACA JUGA:
Polres Ciamis Dalami Motif Pembacokan di Panawangan, Pelaku Jalani Pemeriksaan Kejiwaan
Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk pada Disdukcapil Ciamis, Yulia Sari menyampaikan, kegiatan di Desa Jalatrang merupakan bagian dari pelaksanaan rutin program jemput bola Gadis Manis.
Program unggulan ini fokus pada kelompok rentan. Termasuk disabilitas, lansia dan warga sakit.
“Pelayanan ini kami lakukan langsung ke rumah warga agar mereka tetap mendapatkan hak kependudukan tanpa harus datang ke kantor. Semua data terekam dengan lengkap dan aman,” jelasnya.
Yulia Sari menjelaskan, pelayanan tersebut berjalan lancar dan disambut positif masyarakat serta aparat pemerintah desa.
Warga penerima layanan mengaku sangat terbantu dengan kehadiran tim Disdukcapil yang datang langsung ke rumahnya.
Kegiatan tersebut juga menjadi bagian dari implementasi inovasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Sinergis, Terintegrasi untuk Masyarakat Ciamis (Pasti Manis).
BACA JUGA:
Bupati Ciamis Dorong Pemulihan APBD, Fokus pada PAD dan Layanan Dasar
Pasti Manis menekankan pelayanan cepat, aman, ramah dan berkeadilan. Hal itu sejalan dengan semangat ASN BerAKHLAK dan visi pelayanan publik Kabupaten Ciamis yang humanis dan inklusif.
“Kami akan terus hadir di tengah masyarakat untuk memastikan setiap warga memiliki identitas resmi sebagai dasar akses berbagai layanan publik,” ungkapnya.
(Husen Maharaja)


