spot_img
Minggu 19 Mei 2024
spot_img
More

    Antisipasi Banjir, Pemkot Banjar Bangun Drainase

    BANJAR, FOKUSJabar.id: Pemkot Banjar mulai pembangunan Sistem Drainase Perkotaan yang terletak di Lingkungan Banjarkolot, Kelurahan Banjar, Kecamatan Banjar Kota Banjar untuk mengatisipasi banjir.

    Pekerjaan tersebut dikerjakan oleh CV. Wildan Pratama dari Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kota Banjar dengan anggaran 175 juta dari APBD Kota Banjar tahun 2023.

    BACA JUGA: Ini Tujuan Desa Neglasari Gelar Lomba Nasi Liwet

    Budianto selaku perwakilan perusahaan mengatakan, progres pekerjaan kini sudah mencapai 50 persen, dan ditargetkan akan rampung dalam 50 hari.

    BACA JUGA: Pemkot Banjar Gempur Rokok Ilegal

    “Jadwal dalam kontrak 60 hari kalender kerja, namun target kami, dalam 50 hari jerja bisa di selesaikan, dan sekarang progres pekerjaan sudah mencapai hampir 50%,” kata dia. Senin (22/5/2023).

    Menurut Budi, salah satu item pekerjaan tersebut yakni membuat saluran baru, karena sebelumnya tidak ada saluran.

    “Tadinya tidak ada saluran, dan dibuat Saluran baru, saluran menggunakan udit 30-30 cm panjang 147 m dan 30-40 cm panjang 24,” kata dia.

    Setelah dipasang udit, lanjutnya nantinya akan dipasang cover udit HD dan untuk ke rumah di cor memakai besi tulangan 2 lapis.

    BACA JUGA: Kisah Nenek di Banjar, Ibadah Haji Demi Doakan Anak Depan Ka’bah

    “Setelah dipasang tutup, nantinya ada sayap ke jalan dengan lebar 30 cm, kecuali rumah yang ada pagarnya nanti menyesuaikan,” katanya

    Kata Budi, pada saat pelaksanaan ada sedikit kendala, namun bisa diatasi. “Kendalanya itu tutup udit karena tutupnya harus membuat baru, dan pesanan khusus karena harus menyesuaikan,” kata dia.

    BACA JUGA: Marak Geng Motor, DPRD: Pemkot Banjar Harus Introspeksi

    Warga sekitar Asep mengapresiasi pekerjaan tersebut. Menurutnya, pekerjaan tersebut nantinya akan sangat bermanfaat untuk masyarakat banyak.

    “Dibuatnya saluran drainase ini sangat bermanfaat nantinya, karena dilingkungan sini tadinya tidak ada saluran, dan sekarang dibuatkan saluran agar tidak ada genangan air saat hujan,” ungkapnya.

    (Agus/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img