spot_img
Wednesday 1 May 2024
spot_img
More

    DKP Garut Gelar Forum Perangkat Daerah, Ini Tujuannya

    GARUT,FOKUSJabar.id: Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Garut Jawa Barat (Jabar) gelar Forum Perangkat Daerah bertempat di Aula kantor DKP, Jalan Terusan Pembangunan, Kecamatan Tarogong Kidul, Kamis (2/3/2023).

    Kegiatan tersebut diikuti 60 orang dari unsur pemerintahan, stakeholder, praktisi perguruan tinggi dan para pemerhati bidang ketahanan pangan.

    BACA JUGA:

    Yana Mulyana Ajak Warga Tegakkan PBHS

    Sekretaris DKP Garut, Yani Yuliani mengatakan, kegiatan tersebut untuk menyusun Rencana Kerja (Renja) tahun 2024.

    Tujuannya, menyinergikan prioritas program dan kegiatan dengan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan, pokok pikiran DPRD dan Renja perangkat daerah lainnya.

    Selain itu, untuk mendapatkan masukan dalam rangka penajaman target kinerja sasaran dan program kegiatan, lokasi kegiatan serta menetapkan prioritas program dan kegiatan.

    “Kita perlu bersinergi dalam program yang kita lakukan. Program tersebut harus menyentuh kebutuhan masyarakat,” ungkapnya.

    Tahun 2024 kata Dia, pihaknya memiliki program utama yang disebut “Gerbang Pangan” (Gerakan Membangun Pangan).

    Gerbang Pangan diurai menjadi beberapa kegiatan. Yakni, Gerakan Lumbung Rakyat (Galura), GPM  Pangling (Gerakan Pasar Murah Pangan Keliling), Teras Pangan (Tertata Asri Pangan di Pekarangan) dan Ruko Opal (Rumah Kreasi Olahan Pangan).

    Hasil diskusi Forum Perangkat Daerah, setiap pihak siap untuk melakukan gerakan bersama dalam membangun Kabupaten Garut. Terutama dalam kegiatan yang sifatnya membangun ketahanan pangan masyarakat.

    BACA JUGA: AHY Serukan Dukung Anies Baswedan untuk Pimpin Perubahan dan Perbaikan

    Selain itu, Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Garut sudah bermitra dengan DKP Garut sejak tahun 2017.

    “TP PKK dan DKP selalu bersinergi. Kita bersama-sama menggerakkan masyarakat melalui ujung tombaknya penggerak PKK. Mulai dari tingkat kabupaten-desa. Insya Allah, mudah-mudahan bisa menjadi salah satu solusi untuk membangun ketahanan pangan masyarakat,” imbuhnya.

    (Tisna Wibawa/Bambang Fouristian)

    Berita Terbaru

    spot_img