spot_img
Tuesday 30 April 2024
spot_img
More

    UPI Borong 7 Anugerah Diktiristek Kemdikbudristek 2022

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) meraih 7 penghargaan pada anugerah Diktiristek dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi (Diktiristek) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) Tahun 2022. Secara resmi, anugerah Diktiristek diterima Rektor UPI Prof. Dr. H.M. Solehuddin, M.Pd.,MA didampingi Sekretaris Universitas Prof. Dr. H. Memen Kustiawan, SE., Ak., CA., M.Si., M.H serta Kepala Humas Prof. Dr. Deni Darmawan, MSi, MCE., M.Kom pada Kamis-Jumat (15-16/12/2022) di The Sultan Hotel & Residence Jakarta.

    Rektor UPI Solehuddin mengatakan, keberhasilan UPI secara berturut-turut mampu mewujudkan diri sebagai salah satu PTNBH yang mampu meraih Anugerah Diktiristek terbanyak merupakan sebuah perjuangan dengan kekuatan bersama dengan penuh kesadaran, ikhlas, disiplin, dan keyakinan tinggi serta dinaungi dukungan penuh dari para pimpinan dan segenap civitas. Sebuah Anugerah Diktiristek yang menjadi ajang bergengsi bagi semua Universitas di Indonesia, selalu memberikan kesan yang tidak terlupakan untuk satu tahun lamanya ketika mampu meraih prestice yang membagakan setiap civitasnya.

    “Itulah yang dirasakan semua pimpinan PTNBH, PTN BLU, PTN Satker yang selalu berkumpul di akhir tahun di Diktiristek. Dimana UPI menjadi salahsatu dari insan dikti PTNBH sejak tahun 2017, 2018, 2019, 2020, 2021, dan 2022 terpanggil terus dalam raihan sejumlah piagam pernghargaan dari Diktiristek ini,” kata Solehuddin.

    Pada Anugerah Diktiristek Tahun 2022, lanjut dia, UPI meraih 5 gold winner, 1 Silver Winner serta 1 Bronze Winner pada beberapa bidang. Yakni bidang pembelajaran dan kemahasiswaan, bidang kelembagaan, bidang kerjasama, bidang sumber daya dan bidang hubungan masyarakat.

    BACA JUGA: Ini Tujuan Program ‘Motekar’ Jogin Setiadin

    fokusjabar.id UPI Diktiristek penghargaan
    UPI borong 7 penghargaan pada anugerah Diktiristek Kemdikbudristek 2022. (FOTO: Istimewa)

    Ketujuh anugerah penghargaan yang diterima UPI dari Diktiristek Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) Tahun 2022 yakni Gold Winner sebagai Terbaik 1 Anugerah Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kategori Tim Pelaksana PPK Ormawa Sub Kategori Abdidaya Ormawa 2022 (Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat) Area Komunitas Seni Sastra (AKASARA) UPI.

    Lalu Gold Winner sebagai Terbaik Anugerah Pembelajaran dan Kemahasiswaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kategori Perguruan Tinggi Subkategori Perguruan Tinggi dengan Sosialisasi Terbaik Magang Studi Independen Bersertifikat (MSIB), Gold Winner pada Anugerah Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti) Satuan Kerja dengan Pelaporan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti) Terbaik Kategori Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum, Gold Winner pada Anugerah Kelembagaan Kategori Perguruan Tinggi Pengelola Beasiswa Kemitraan Negara Berkembang Sub Kategori Perguruan Tinggi dengan Pengelolaan Beasiswa Kemitraan Negara Berkembang Terbaik, serta Gold Winner pada Anugerah Humas dalam Kategori PTN BH Subkategori Insan Humas Jatmika Nurhadi.

    Kemudian untuk Silver Winner pada Anugerah Humas Kategori PTN BH Subkategori Media Sosial UPI. Terakhir Bronze Winner pada Anugerah Humas dalam Kategori PTN BH Subkategori Unit Layanan Terpadu.

    “Secara khusus, pada Anugerah Diktiristek bidang Humad yang diraih UPI yaitu Anugerah Gold Winner dalam Kategori PTN BH sub kategori Insan Humas Terpopuler yang diraih Jatmika Nurhadi, S.S., M.Hum berdasarkan penilaian pada unggahan informasi terkait publikasi transformasi pendidikan tinggi dalam IKU/MBKM/Matching Fund Kedaireka melalui akun Instagram Pribadi Insan Humas PTN BH,” Kepala Humas Prof. Deni Darmawan menambahkan.

    Sementara Anugerah Silver Winner Anugerah Humas Katergori PTN BH sub kategori Media Sosial berdasarkan penilaian pada ragam media social, engagement rate (likes, tag, and share), impression dan reach melalui social media analytic, jumlah posting, tone dan sentiment, pesan yang ditangkap warganet, tanggapan atau komentar dari warganet, serta keluaran dan dampak. Kemudian untuk Bronze Winner Anugerah Humas dalam Kategori PTN BH sub kategori Unit Layanan Terpadu berdasarkan penilaian pada ketersediaan sarana dan prasarana serta laporan layanan informasi.
    Selain itu, pada waktu yang bersamaan UPI juga meraih prestasi dengan predikat sebagai Badan Publik INFORMATIF dari Komisi Informasi Pusat Republik Indonesia.

    Deni mengatakan, semua penghargaan mampu diraih oleh tim masing-masing yang telah menempuh sejumlah tahapan proses kompetisi yang diselenggarakan oleh Diktiristek sepanjang tahun 2022, baik melalui proses seleksi, penarikan data maupun tahapan presentasi komitmen pimpinan yang di tahun 2022 ini dilaksanakan secara luring. Tahapan tersebut ditujukan dalam rangka mengukur kinerja perguruan tinggi.

    “Raihan anugerah pada tahun ini cukup banyak jika dibandingkan dengan capaian tahun lalu, khususnya untuk Kantor Hubungan Masyarakat. Ini semua akan menjadi tonggak kebangkitan dan pemerataan ‘Budaya Prestasi Humas Sepanjang Sejarah UPI’. Ya, dengan rentang waktu 5 tahun terakhir Humas UPI mampu menjadi sosok unit kerja yang mampu memberikan sumbangsihnya dalam rangka mewujudkan ‘Leading and Out Standing’ atau dengan nuansa baru filosofi program kerja Rektor UPI periode 2022-2025 yaitu EDUN (Education Upturn of Nation),” Deni menuturkan.

    Deni menambahkan, Rektor UPI periode saat ini sangat bersemangat dan penuh keyakinan dengan sejumlah strategi UPI EDUN yang diyakini mampu memberikan yang terbaik untuk civitasnya dalam rangka mempercepat raihan prestasi dan perubahan kearah yang lebih unggul lagi untuk UPI baik tingkat nasional maupun internasional sebagaimana yang tercantum dalam IKU ke-6 program MBKM.

    “Semua Program Anugerah Diktiristek ini ditujukan untuk mengangkat kualitas pendidikan tinggi di tingkat dunia, dan salah satunya tidak terlepas dari peran journalist dan media dalam pelaksanaannya, khususnya dalam pemberitaan dan media massa,” kata Plt. Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Prof. Tjitjik Sri Tjahjandarie, Ph.D.

    fokusjabar.id UPI Diktiristek penghargaan
    UPI borong 7 penghargaan pada anugerah Diktiristek Kemdikbudristek 2022. (FOTO: Istimewa)

    BACA JUGA: KPK Tahan Hakim Edy Wibowo Soal Dugaan Makelar Kasus MA

    Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC, Ph.D., IPU, ASEAN.Eng menegaskan, program anugerah ini salah satunya merupakan bentuk apresiasi kepada perguruan tinggi dan LLDIKTI yang telah mengimplementasikan program MBKM. Salah satunya telah terwujud hilirisasi produk-produk riset seperti melalui Porgam Kedaireka.

    Acara Anugerah Diktiristek 2022 dikemas dengan megah dan didukung peran dan kontribusi anggarannya dari LPDP yang dihadiri langsung oleh Direkturnya, juga para Rektor dari Perguruan tinggi dan LLDIKTI, Para Dekan, Para Wakil Dekan, para Kepala Humas dan tamu undangan yang memeriahkan acara.

    “Semoga apa yang dirintis dan diperjuangan selama ini, termasuk oleh UPI akan memnajdi berkah dan menjembatani pencetakan generasi bangsa yang lebih bermutu dan mampu bersaing ditingkat dunia,” kata Nizam.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img