spot_img
Tuesday 30 April 2024
spot_img
More

    1.000 Penyandang Disabilitas Malangbong Garut Terima Santunan PTPN VIII

    GARUT,FOKUSJabar.id: PT Perkebunan Nasional (PTPN) VIII memberikan santunan kepada 1.000 penyandang disabilitas yang tersebar di Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut Jawa Barat (Jabar), Rabu (22/12/2021).

    Pemberian santunan tersebut dalam rangka memperingati Hari Disabilitas Nasional melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).

    Senior Executive Vice President (SEVP) Business Support PTPN VIII, Hariyanto mengatakan, sebagian besar penyandang disabilitas di Indonesia hidup dalam kondisi yang serba terbatas. Oleh karena itu, program TJSL hadir untuk mewujudkan kesamaan hak dan kesempatan bagi mereka menuju kehidupan yang sejahtera, mandiri dan tanpa diskriminasi.

    malangbong fokusjabar.id
    Penyerahan bantuan (foto Andian)

    BACA JUGA: Soal Makna Hari Ibu 22 Desember, Ini Kata Kabid Pemuda Dispora Garut

    “Program TJSL  untuk mewujudkan kesamaan hak dan kesempatan bagi penyandang disabilitas menuju kehidupan yang sejahtera, mandiri dan tanpa diskriminasi,” ungkap Hariyanto di Kecamatan Malangbong.

    Menurutnya, 1.000 paket sembako yang diberikan secara simbolis bersama General Manager Wilayah IV,  Dinni Saeful Hayat  kepada penyandang Disabilitas merupakan bentuk kepedulian dan rasa tanggung jawab.

    Tujuannya untuk memberikan manfaat ekonomi, sosial dan lingkungan sekaligus membina usaha mikro dan usaha kecil agar lebih tangguh dan mandiri.

    Tak hanya 1.000 paket sembako, pihaknya juga berkomitmen dalam pemberian modal kerja Program Usaha Mikro dan Kecil (PUMK) serta pemberian bantuan perlengkapan kantor Sekretariat Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Kecamatan Malangbong.

    “Kami hadir di sini bersama tim dan General Manager IV untuk para disabilitas agar mereka mempunyai akses yang sama di bidang kesehatan, pendidikan dan fasilitas umum lainnya. PR kita bersama, bagaimana kita menempatkan posisi mereka di tempat yang sama,” ujar Dia.

    malangbong fokusjabar.id
    (foto Andian)

    Pihaknya bersyukur pada kesempatan kali ini bisa berbagi dengan penyandang disabilitas Kecamatan Malangbong. Bagaimanapun juga kata Dia, rejeki itu hakikatnya dari Allah SWT. Jadi sangat bersyukur karena dipilih Allah SWT untuk  menjadi jalan rizki bagi para penyandang disabilitas.

    “Program ini juga sejalan dengan nilai luhur BUMN yaitu Amanah, Kompoten, Loyal, Harmonis, Adaptif dan Kolaboratif (Amanah). Mudah-mudahan bermanfaat dan dapat digunakan sebagaimana mestinya,” ujarnya.

    Ketua DPK PPDI Malangbong, Sugeng mengapresiasi kegiatan yang digagas PTPN VIII. Menurutnya, kegiatan tersebut luar biasa dan sangat bermanfaat.

    “Pemberian bantuan dana usaha bagi para penyandang Disabilitas sangat berharga bagi kami. Di mana para penyandang disabilitas akan bisa berkarya,” kata Sugeng.

    Sugeng juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mau dan mampu memperhatikan kebutuhan kaum disabilitas.

    “Terima kasih. Semoga amal kebaikan yang diberikan menjadi ladang amal soleh dan dibalas lebih oleh Allah SWT. Aamiin,” singkat Sugeng.

    Hadir pada kesempatan tersebut, jajaran Direksi PTPN VIII, perwakilan Pemerintah Kabupaten Garut, Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Garut, perwakilan Kepala Dinas Sosial, Forkopimcam Malangbong, para Kepala Desa dan Ketua/pengurus DPK PPDI Kabupaten Garut dan DPK PPDI Kecamatan Malangbong.

    (Andian/Bambang)

    Berita Terbaru

    spot_img