spot_img
Tuesday 30 April 2024
spot_img
More

    Karya Lomba Komik Digital Silih Tulungan jadi Catatan Peradaban

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Satgas Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Jabar menyerahkan hadiah Lomba Komik Digital Silih Tulungan bertema “Meraih Kemerdekaan Kedua, Menang Melawan Covid-19”, Sabtu (2/10/2021).

    Hadiah Tersebut diberikan secara simbolis via video konferensi.

    Nana Maulana keluar sebagai juara pertama dengan komik bertajuk “Virus Cepat Berlalu dengan Bantu-membantu”. Kemudian, Juara kedua Raditya Eka Pernama dengan judul “Meraih Kemerdekaan Kedua” dan Juara ke tiga, Mokhammad Khotibul Umam dengan komik berjudul “Menang Yang Sesungguhnya.”

    juara pertama akan menerima hadiah berupa uang tunai sebesar Rp15 juta untuk, juara kedua Rp10 juta , dan Rp5 juta untuk juara ketiga.

    BACA JUGA: Sudah Divaksin Bisa Makan 1/2 Harga

    Rencananya, komik pemenang juga akan dibuatkan video series di channel “Silih Tulungan”.

    Ketua Harian Satgas Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Jabar Ipong Witono mengatakan, komik hasil karya pemenang akan meninggalkan jejak peradaban pandemi Covid-19 di masa depan.

    “Komik ini penting karena catatan peradaban ini penting bagi generasi kita selanjutnya. Jadi jangan berhenti berkarya karena mengejar hadiah. Setelah ini keluarkan lagi serie-serie tentang pandemi,” kata Ipong.

    “Kita juga mestimendapat hikmah dan pesan-pesan dari peristiwa flu dari Spanyol. Susah sekali mencari referensinya. Nanti komik-komik ini, entah kapan, akan jadi catatan penting apabila pandemi seperti ini akan muncul 50-100 tahun lagi,” kata dia.

    Sementara, KetuaI katan Penerbit Indonesia (Ikapi) Jabar yang juga Wakil Ketua Divisi UMKM dan Ekonomi Kreatif Satgas Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Jabar Mahfudi mengatakan, komik tersebut dapat diterbitkan dan disebarkan kepada masyarakat dengan seluas-luasnya.

    “Kami berpendapat bahwa pemulihan ekonomi itu tidak melulu ditangani secara langsung melalui kegiatan-kegiatan ekonomi riil. Tetapi juga, bisa dilakukan dan dikembangkan dengan pendekatan kreatif,” kata Mahfudi.

    Mahfudi juga mengusulkan agar komik pemenang dan peserta lomba dapat diterbitkan secara digital.

    “Itu salah satu cara yang lebih maju lagi dari KPED dalam penanganan pemulihan ekonomi di Jabar,” kata dia.

    Ketua Divisi Komunikasi dan Gerakan Satgas Pemulihan dan Tranformasi Ekonomi Jabar Eric Wiradi poetra mengatakan, Lomba Komik Digital SilihTulungan menjadi bagian dari kampanye dan program literasi Divisi Komunikasi dan Gerakan tentang Gerakan Silih Tulungan.

    “Semua orang punya kesempatan untuk bermanfaat bagi orang lain. Tidak peduli status sosial dan sebagainya. Tapi, kita ingin memandang bahwa setiap insan memiliki peran untuk memulihkan ekonomi, peran untuk melawan Covid-19, yang kita hadapi sekarang ini,” kata Eric.

    Gerakan Silih Tulungan sendiri bertujuan untukmenggali, merevitalisasi, membangunkan, karakter masyarakat Jabar, yakni gotong royong dan tolong-menolong.

    Hal senada dikatakan pemenang Juara I Nana Maulana. Menurutnya, dirinya beruntung dapat memiliki ruang dan kesempatan untuk turut mengedukasi dan menggelorakan semangat Silih Tulungan kepada masyarakat dalam menangani pandemi.

    “Mudah-mudahan komik ini bisa menjadi wadah kami untuk menunjukkan karya sekaligus turut serta mengedukasi masyarakat terkait Covid-19,” kata Nana.

    BACA JUGA: Ridwan Kamil Luncurkan Sentra Vaksinasi Silih Tulungan Di Karawang

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img