spot_img
Tuesday 30 April 2024
spot_img
More

    Masjid Nusantara Resmikan Pembangunan Masjid Kampung Mualaf yang Terisolir di Tana Toraja

    TANA TORAJA, FOKUSJabar.id: Menyusuri pegunungan  melewati jalan curam berlumpur tidak menyurutkan langkah tim Masjid Nusantara menyampaikan donasi masyarakat untuk pembangunan Masjid Taman Surga Ridho Allah di Kampung Ta’ba, kampung terisolir di pelosok Tana Toraja, Sulawesi Selatan.

    Pembangunan masjid ini ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Arsitek Masjid Nusantara, Lutfi Maknun Maulana dan artis kenamaan Dodi Hidayatullah dengan disaksikan oleh warga dan sejumlah tokoh masyarakat setempat, Minggu 2 Desember 2018.

    “Alhamdulilah, kami akhirnya sampai di kampung yang terisolir ini untuk membangunkan masjid yang diamanahkan para donatur. Kami menargetkan masjid ini rampung bulan Februari 2019 mendatang. Jadi semoga saja dalam pengerjaannya lancar hingga target yang ditentukan,” kata Lutfi.

    Kampung Ta’ba sendiri berada di pedalaman Batualu, Kecamatan Sangalla Selatan, Kabupaten Tana Toraja. Listrik yang belum masuk dan akses jalan yang kurang memadai, membuat kampung ini nyaris terisolir. Bahkan, masyarakat harus menempuh satu jam berjalan kaki untuk bisa beraktivitas keluar dari kampungnya tersebut.

    Letak pembangunan masjid di kampung Ta’ba, pelosok Tana Toraja (Istimewa/masjidnusantara.org)

    Kondisi warga kampung Ta’ba juga lambat mengenyam pendidikan karena ketiadaan sarana sekolah. Sementara masjid di kampung ini juga jauh dari kesan layak sebagai tempat ibadah. Masjid itu sudah tidak mampu lagi menampung karena mualaf di Desa Ta’ba semakin bertambah. Untuk shalat Jumat saja warga terpaksa harus pergi ke Desa tetangga di Batualu dengan berjalan kaki sejauh 4 Km melewati pegunungan.

    Hingga akhirnya, Masjid Nusantara mampu mewujudkan harapan muslim dan mualaf kampung Ta’ba yang ingin memiliki masjid sebagai rumah peribadatan yang layak.

    Sebagai bentuk kegembiraan, puluhan warga kampung hadir membantu pelaksanaan awal pembangunan ini dengan bergotong royong mengangkat batu fondasi masjid. Uniknya, tak hanya warga muslim dan mualaf saja. Tak sedikit juga warga non-muslim setempat yang ikut bergotong royong menyalurkan tenaganya untuk pembangunan masjid ini.

    Pada kesempatan itu, tim ‘Cinta Masjid’ dari Trans7 juga ikut meliput kegiatan peletakan batu pertama Masjid kampung Ta’ba. Dodi Hidayatullah sendiri ditunjuk sebagai host dari program ‘Cinta Masjid’ yang dijadwalkan tayang di Trans 7 pada bulan Ramadhan 2019 mendatang.

    (Vetra)

    Berita Terbaru

    spot_img