spot_img
Kamis 25 Juli 2024
spot_img
More

    Ratusan Atlet dari 3 Provinsi Ikuti Kejuaraan Panahan Tradisional Piala Wali Kota Tasikmalaya

    TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: Ratusan Atlet Panah dari Provinsi Jawa Tengah, Jawa Barat dan Provinsi Banten, ikut meramaikan kejuaraan Jamparing Persatuan Panahan Tradisional (Perpatri) Piala Wali Kota Tasikmalaya 2024, di Halaman Kantor Bale Kota Tasikmalaya, Minggu (23/6/2023). 

    Ratusan peserta pun dari kategori anak-anak, remaja, dewasa dan orang tua, bersemangat mengikuti kejuaraan dengan mengeluarkan kemampuan dan skillnya dalam meluncurkan anak panah.

    Plh.Wali Kota Tasikmalaya Asep Sukmana mengatakan, event kejuaraan Jamparing ini sebagai upaya untuk menumbuhkan kecintaan dan kegemaran masyarakat dalam menggeluti olahraga panahan.

    BACA JUGA: Plh Wali Kota Tasikmalaya Lepas SSB DK Private Ke Jakarta

    “Kejuaraan ini mendorong masyarakat untuk melestarikan budaya dan ciri khas bangsa sekaligus membangkitkan kembali geliat olahraga panahan di masyarakat khususnya di Kota Tasikmalaya,” kata Asep.

    Ia menjelaskan, Jamparing Panahan salah satu jenis olahraga tradisional dan tradisi masyarakat yang mampu dikembangkan menjadi olahraga prestasi.

    “Kementerian Pemuda Dan Olahraga (Kemenpora) RI mengharuskan dimana olahraga prestasi dan tradisi masyarakat perlu dikembangkan dan dijalankan untuk mewujudkan sumber daya manusia (SDM) Indonesia yang sehat, kuat dan bugar,” ujarnya.

    Ia menuturkan, kejuaraan ini akan menjadi ruang dan wadah bagi masyarakat untuk berprestasi.

    “Dengan semangat bertanding serta menjunjung tinggi sportivitas, event Jamparing Perpatri Piala Wali Kota Tasikmalaya ini, akan menghasilkan atlet-atlet Panahan yang hebat dan profesional,” katanya.

    Asep Sukmana mengharapkan, kegiatan ini akan memperkuat mental para atlet Panahan untuk terus berprestasi sehingga, olahraga Jamparing terus berkembang dan tetap terjaga eksistensinya di masyarakat.

    Sementara Ketua Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Kota Tasikmalaya Imih Misbahul Munir menyebutkan, bahwa olahraga Panahan ini memiliki filosofis yang sangat mendalam.

    “Menggeluti Panahan akan menjadikan calon ahli surga, dari satu panah ini, ada tiga calon ahli surga yang dijanjikan Allah SWT pertama, pembuat panahnya, pemanahnya dan yang mengambil busur Panahnya, ini sangat istimewa sekali,” ungkapnya.

    Ia menjelaskan, KORMI Kota Tasikmalaya terus bersinergi dengan Pemerintah, masyarakat dan stakeholder lainnya untuk memajukan dan melestarikan olahraga tradisi panahan di Masyarakat.

    BACA JUGA: Tingkatkan Produksi Komoditas Tanaman Pangan, Pemkot Tasikmalaya Gelar Pelatihan Hortikultura

    “Tugas kita, bagaimana olahraga kesenangan Rasulullah ini, menjadi pilihan utama masyarakat untuk mengikutinya,” ujarnya.

    Imih menambahkan, dari event ini, mampu menumbuhkan semangat dan kecintaan masyarakat untuk menggeluti dan melestarikan panahan tradisional.

    “Panahan tradisional ini memang olahraga tradisi, namun kalau digeluti dengan sungguh-sungguh dan semangat, akan menjadi olahraga prestasi,” kata dia. 

    (Seda/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img