spot_img
Kamis 25 Juli 2024
spot_img
More

    Tingkatkan Produksi Komoditas Tanaman Pangan, Pemkot Tasikmalaya Gelar Pelatihan Hortikultura

    TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: Puluhan peserta dari berbagai kelompok tani se-Kota Tasikmalaya, mengikuti pembekalan Pelatihan Budidaya Hortikultura di Gedung Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Cipedes, jalan Letda Lily Rochli Kec. Cipedes Kota Tasikmalaya Kamis (20/06/24).

    Pelatihan tersebut diinisiasi Dinas Ketahanan Pangan Pertanian Dan Perikanan (DKP3) Kota Tasikmalaya, yang dibuka langsung Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tasikmalaya Ivan Dichsan Hasannudin bersama Kepala Bidang Tanaman Pangan Hortikultura Dan Perkebunan DKP3 Kota Tasikmalaya Anisah Kardiayati dan Koordinator Penyuluh Pertanian.

    BACA JUGA: Budidaya Cabai di Lahan Tidur, Pemkot Tasikmalaya Hasilkan Cabai Puluhan Ton

    Kegiatan pelatihan ini untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman petani hortikultura khususnya jenis Cabai, Tomat dan buah Naga, yang banyak dibutuhkan masyarakat.

    Sekretaris Daerah Ivan Dichsan Hasannudin mengatakan, pelatihan ini agar, para kelompok tani bisa semakin paham untuk bertani hortikultura sehingga, nantinya bisa meningkatkan ketersediaan pangan khususnya cabai, Tomat dan buah Naga.

    “Kita inginkan, masyarakat Kota Tasikmalaya bisa memanfaatkan lahan-lahan seadanya, atau pekarangan rumah, untuk ditanami tanaman hortikultura misalnya tat atau buah Naga dan Cabai,”ungkap Ivan Dichsan Hasannudin Kamis (20/06/24).

    Ia menjelaskan, menanam tanaman hortikultura ini, memang harus ada teknik dan ilmunya agar, hasilnya maksimal.

    BACA JUGA: Hadapi Pilkada, KNPI Kota Tasikmalaya Tanggapi Dengan Nyate Bareng

    “Melalui pelatihan ini, diharapkan para petani sudah mempunyai keilmuan untuk menanam tanaman hortikultura sehingga, hasilnya maksimal dan kecukupan pangan seperti cabai, tomat dan buah naga di Kota Tasikmalaya tercukupi dan tidak harus impor dari luar daerah lagi,”ujarnya .

    “Pelatihan tanaman hortikultura ini, diharapkan mampu meningkatkan ketersediaan pangan masyarakat khususnya komoditas cabai sehingga, pasokan tercukupi, dengan demikian tingkat inflasi di Kota Tasikmalaya bisa terjaga dan stabil,”imbuhnya.

    Sementara Kabid Tanaman Pangan Hortikultura Dan Perkebunan DKP3 Kota Tasikmalaya Anisah Kardiayati menyebutkan, tanaman hortikultura saat ini pangsa pasarnya cukup tinggi di masyarakat sehingga, ketersediaannya harus tercukupi.

    “Para peserat yang sebagian besar para petani, diberikan teknik-teknik dan cara menanam tanaman hortikultura dilahan terbatas seperti dipekarangan rumah namun hasilnya melimpah,”ujarnya.

    Ia menuturkan, tanaman hortikultura khususnya jenis cabai, tomat dan buah naga, permintaannya cukup tinggi di masyarakat, dan ini menjadi peluang pendapatan bagi para petani hortikultura.

    “Saya melihat jenis tanaman hortikultura ini sangat cocok untuk dikembangkan di wilayah Kota Tasikmalaya, seperti kultur tanahnya sesuai dengan tanaman jenis hortikultura tersebut,”terangnya.

    Ditambahkan, dalam pelatihan ini, peserta mendapatkan berbagai ilmu dan teknik serta cara-cara budidaya Cabai, tomat dan buah naga supaya mereka saat menggeluti tanaman hortikultura, menghasilkan panen yang melimpah.

    “Tanaman hortikultura tidak perlu harus dilahan yang luas, dan jangka waktu panennya pun cukup singkat sehingga, ini sangat menguntungkan dan menjanjikan lebih cepat menghasilkan,”imbuhnya.

    “Prospek tanaman hortikultura di Kota Tasikmalaya cocok dikembangkan serta prospeknya cukup bagus pasalnya, permintaan maupun kebutuhan pangan jenis cabai, tomat juga buah naga terus meningkat,” pungkasnya.

    (Seda/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img