spot_img
Rabu 24 Juli 2024
spot_img
More

    11 Sekolah di Ciamis Dapat Penghargaan Adiwiyata

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Pemkab Ciamis Jawa Barat (Jabar) melalui Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKP LH) memberikan penghargaan Adiwiyata kepada 11 sekolah/madrasah.

    Penghargaan tersebut diberikan karena berhasil menjaga kelestarian alam di lingkungan sekolah.

    BACA JUGA:

    5 Parpol di Ciamis MoU Usung Cabup-Cawabup Pilkada 2024

    Kepala DPRKP LH Kabupaten Ciamis, Okta Jabal Nugraha mengatakan, Adiwiyata merupakan penghargaan yang diberikan pemerintah kepada sekolah yang berhasil melaksanakan Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup Sekolah (GPBLHS).

    “GPBHLS merupakan aksi kolektif secara sadar, sukarela, berjenjang dan berkelanjutan yang dilakukan oleh sekolah dalam menerapkan perilaku ramah lingkungan hidup,” katanya, Kamis (13/6/2024).

    Okta menuturkan, tujuan gerakan peduli dan berbudaya lingkungan hidup untuk mewujudkan perilaku warga sekolah yang bertanggungjawab dalam upaya pelestarian lingkungan hidup.

    Selain itu untuk meningkatkan kualitas lingkungan hidup serta merupakan suatu upaya mendukung ketahanan bencana warga sekolah.

    “Hari ini ada 11 sekolah yang menerima penghargaan Adiwiyata,” ucapnya.

    Menurut Okta, hingga kini sudah 166 sekolah/madrasah yang mendapat penghargaan Adiwiyata.

    “Kami atas nama Pemkab Ciamis mengucapkan selamat kepada sekolah/madrasah yang telah berhasil meraih Adiwiyata tingkat Kabupaten Ciamis Tahun 2024,” katanya.

    BACA JUGA:

    Penari SMPN 8 Ciamis Juara Tingkat Kabupaten Ciamis

    Okta berharap, gerakan peduli dan berbudaya lingkungan hidup dapat terus dilaksanakan serta berkelanjutandan dapat meneruskan ke jenjang lebih tinggi (Adiwiyata Provinsi, Nasional dan Mandiri).

    Lebih dari itu, sekolah peraih penghargaan menjadi agen perubahan yang senantiasa peduli terhadap perlindungan dan pengelolaan lingkungan.

    “Semoga dengan penghargaan yang diraih saat ini menjadi motivasi untuk meningkatkan peran Pemda dan seluruh elemen masyarakat sebagai penerapan konsep penthahelix atau multi pihak. Di mana unsur pemerintah, akademisi, pelaku usaha, masyarakat, komunitas dan media bersatu untuk meningkatkan upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup di Kabupaten Ciamis,” imbuhnya.

    Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis, Erwan Darmawan mengapreasiasi dan mengucapkan selamat kepada sekolah peraih penghargaan Adiwiyata.

    Pihaknya juga mengucapkan terima DPRKP LH yang telah membina sekolah untuk mencintai lingkungan hidup.

    “Mudah-mudahan dengan banyaknya sekolah Adiwiyata akan terwujud sekolah sehat,” harapnya.

    Berikut sekolah/madrasah penerima penghargaan Adiwiyata:

    SDN 4 Karangpaningal Kecamatan Purwadadi, SDN 2 Tanjungsari Kecamatan Sadananya, SDN 2 Sindangmukti Kecamatan Panumbangan.

    RA At-Taqwa Kecamatan Purwadadi

    SDN 1 Imbanagara Raya Kecamatan Ciamis

    MTsN 10 Ciamis Kecamatan Banjarsari, MTs Al Huda Kecamatan Sadananya, SLBN Cijeungjing Kecamatan Cijeungjing, SDN 3 Kertayasa Kecamatan Panawangan.

    RA Al Fadlilyah Darussalam Kecamatan Cijeungjing

    TK Al Ishlah Kawali

    (Husen Maharaja/Bambang Fouristian)

    Berita Terbaru

    spot_img