spot_img
Selasa 28 Mei 2024
spot_img
More

    BI Terima Layanan Penukaran Uang, Begini Caranya

    FOKUSJabar.id: Menjelang Idulfitri euforia bagi-bagi uang Tunjangan Hari Raya (THR) sudah menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia.

    Biasanya saat idulfitri baik keponakan, adik atau sudara akan berkumpul kemudian meminta uang THR kepada orang dewasa yang sudah mapan.

    BACA JUGA: Bantu Tingkatkan Pemasaran UMKM, BYE Luncurkan Platform Hampers Bandung

    Oleh karena itu, sangat penting sekali sebelum membagi-bagi uang THR untuk melakukan penukaran uang rupiah menjelang hari raya Idulfitri.

    Dalam hal itu, Bank Indonesia (BI) sudah membuat schedule pelayanan penukaran uang yang dijadwalkan pada 15 Maret hingga 7 April 2024 di 4.264 titik seluruh Kantor BI umum di wilayah Indonesia.

    Melalui laman resminya, BI mengabarkan bahwa sudah mempersiapkan uang layak edar sebesar Rp 197,6 triliun khusus untuk melayani penukaran uang di momen idulfitri 1445 H/2024 M.

    BACA JUGA: Disduk Capil Ciamis Siap Untuk Pembuatan IKD

    Dalam pelaksanaannya BI juga sudah menyediakan layanan kas keliling Indonesia disejumlah lokasi strategis keramaian seperti pasar. Di Bulan Ramadhan, BI juga membuat program khusus layanan dijalur mudik yang bertajuk ‘BI peduli mudik‘.

    Sementara itu bagi masyarakat yang akan melakukan penukaran uang bisa mengakses terlebih dahulu situs pintar.bi.go.id untuk melakukan pemesanan penukaran.

    Setelah memasuki situs tersebut pengguna akan diarahkan untuk mengisi beberapa rules kemudian mengisi NIK, Nama, Nomor telpon dan alamat email.

    Kemudian mengisi nominal uang yang akan ditukarkan lalu pengguna akan diarahkan untuk mendownload bukti pemesanan dengan file PDF untuk kemudian ditunjukan ke cabang kantor bank terdekat untuk melakukan penukaran.

    (Fauza/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img