spot_img
Jumat 24 Mei 2024
spot_img
More

    Jalan Ambles, Dua Rumah Warga di Sadang Serang Kota Bandung Rusak

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Jalan amblas terjadi di pemukiman warga Kampung Pasirkaliki Barat, Kelurahan Sadang Serang, Kecamatan Coblong, Kota Bandung pada Kamis (22/2/2024) malam. Akibatnya, dua rumah warga mengalami kerusakan.

    “Kejadian malam Jumat, Kamis sore itu udah ada tanda-tanda sebetulnya, ada retakan,” kata salah satu warga setempat Opik (72)  saat ditemui di lokasi, Senin (26/2/2024).

    BACA JUGA: Titik Banjir Bertambah, DSDABM Minta: Developer Perumahan di Kota Bandung Perhatikan Kajian Aliran Air

    Opik menyebut, kedalaman amblasnya tanah mencapai 6 meter. Akibatnya, dua dari 6 rumah yang terdampak mengalami kerusakan.

    “Ini baru pertama kejadian seperti ini, lumayan dalem sekitar 6 meter, lebar 7 sampai 8 meter ini. Kalau rumah yang mengalami kerusakan ini aja, yang di depan rumah saya, terasnya ambles, sama rumah samping, pondasinya rusak,”ucapnya.

    Saat ini, warga setempat tengah melakukan gotong royong untuk menimbun lubang tanah yang amblas. Mereka secara swadaya melakukan perbaikan agar akses di lokasi amblasnya tanah dapat kembali dilalui oleh masyarakat.

    BACA JUGA: Disparbud Jabar Tetapkan 36 Karya WBTb 2024

    “Kita gotong royong ini, ini kan atasnya jalan gang juga, bantuan ada, ini dibantu gober juga ada 8 orang, bantuan dari kelurahan kecamatan juga ada,”katanya.

    Di tempat yang sama,  Aep Saepudin mengaku khawatir dengan adanya tanah amblas tersebut. Apalagi, pihaknya belum dapat memprediksi sejauh mana tanah labil di bawah pemukiman warga tersebut.

    “Kalau ditanya khawatir pasti khawatir, karena kita tidak tau, apakah masih ada yang keropos atau bolong di bawah rumah-rumah ini,” kata Aep.

    (Yusuf Mugni/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img