spot_img
Sabtu 20 April 2024
spot_img
More

    Memahami Tuas Transmisi Mobil Matic: Arti Huruf dan Angkanya

    FOKUSJabar.id: Memahami Tuas Transmisi Mobil Matic: Arti Huruf dan Angkanya. Mengemudi mobil dengan transmisi otomatis atau mobil matic memiliki kelebihan tersendiri daripada dengan mobil manual. 

    Proses mengemudi cukup dengan memperhatikan pedal gas dan rem, tanpa perlu khawatir mengganti gigi secara manual. 

    Meskipun begitu, untuk pemula, memahami kode di tuas transmisi mobil matic bisa menjadi tugas yang membingungkan.

    Berbeda dengan transmisi manual yang umumnya hanya memiliki angka 1-6 dan huruf ‘R’ (Reverse), tuas transmisi mobil matic lebih beragam. Posisi tuas tersusun berdasarkan format P-R-N-D-3-2-L. 

    Melansir dari GridOto, menurut Wory Anggodo, seorang mekanik Toyota Astrido Pondok Cabe, Jakarta Selatan, mesin mobil matic hanya dapat kita hidupkan ketika tuas berada pada posisi P (Parkir) atau N (Netral).

    Berikut adalah Arti Huruf dan Angka di Tuas Transmisi Mobil Matic beserta Fungsinya:

    P (Parkir): Penggunaannya saat mobil berada dalam keadaan berhenti dan akan kita parkir. Memastikan mobil tetap diam dan tidak bergerak.

    R (Reverse): Mengaktifkan gigi mundur untuk melakukan pergerakan mobil ke belakang.

    N (Netral): Penggunaannya saat mobil dalam keadaan berhenti tanpa mengunci roda. Berguna saat mesin hidup tanpa perlu bergerak.

    D (Drive): Untuk menggerakkan mobil ke depan. Posisi yang kita gunakan saat berkendara normal.

    Baca Juga: 5 Mobil Hybrid Baru dengan Konsumsi BBM Lebih dari 35 Kilometer per Liter

    3 (Third Gear): Penggunaannya untuk membatasi penggunaan transmisi hingga gigi ketiga. Berguna dalam kondisi melibas turunan curam atau saat membutuhkan tenaga ekstra.

    2 (Second Gear): Penggunaannya untuk membatasi penggunaan transmisi hingga gigi kedua. Berguna dalam kondisi mengemudi di medan yang sulit atau menanjak.

    L (Low Gear): Menggunakan transmisi pada gigi terendah. Berguna saat mengemudi di medan ekstrim atau kondisi menurun dengan kecepatan rendah.

    Mesin mobil matic hanya bisa kita hidupkan ketika tuas pada posisi P atau N.

    Perhatikan dengan cermat posisi tuas transmisi untuk menghindari kecelakaan atau kerusakan pada mobil.

    Dengan memahami arti huruf dan angka di tuas transmisi mobil matic, pengemudi dapat mengoptimalkan kinerja mobil sesuai dengan kondisi jalan dan situasi mengemudi. 

    Ini juga membantu menghindari kesalahan yang mungkin terjadi akibat pemilihan posisi yang tidak sesuai. Selamat berkendara dengan aman dan nyaman!

    (Erwin)

    Berita Terbaru

    spot_img