spot_img
Minggu 28 April 2024
spot_img
More

    Finlandia: Rahasia Kebahagiaan Warganya yang Terungkap

    Fokusjabar.id: Warga Finlandia telah menjadi sorotan dunia sebagai warga negara dengan penduduk paling bahagia selama enam tahun berturut-turut. Menurut World Happiness Report. 

    Orang Finlandia menganut prinsip hidup, “Kell’ onni on, se onnen kätkeköön” (Jangan membandingkan atau menyombongkan kebahagiaan Anda). Merupakan salah satu faktor utama yang membuat negara ini meraih predikat tersebut. 

    Filsuf dan ahli psikologi Finlandia, Frank Martela, mengungkapkan tiga hal yang tidak pernah warga Finlandia lakukan, yang menjadi resep kebahagiaan mereka.

    1. Tidak Membandingkan Diri dengan Orang Lain

    Martela menjelaskan bahwa masyarakat Finlandia cenderung tidak memamerkan kekayaan atau kesuksesan mereka kepada orang lain. 

    Mereka menghargai kesederhanaan dan percaya pada prinsip “Kell’ onni on, se onnen kätkeköön”. Yang menekankan untuk fokus pada kebahagiaan pribadi tanpa perlu membandingkannya dengan orang lain. 

    Prinsip ini mengajarkan bahwa langkah pertama menuju kebahagiaan sejati adalah menetapkan standar sendiri.

    2. Mengabaikan Alam

    Berdasarkan survei Sitra tahun 2021, 87% penduduk Finlandia percaya bahwa alam memiliki peran penting dalam kehidupan manusia. Memberikan ketenangan pikiran, energi, dan relaksasi. 

    Liburan musim panas selama empat minggu atau sebulan diizinkan untuk setiap karyawan di Finlandia. Banyak dari mereka memanfaatkan waktu tersebut untuk berlibur di pedesaan dan bersatu dengan alam. 

    Semakin minim fasilitas modern, semakin baik, karena penduduk Finlandia meyakini bahwa menghabiskan waktu di alam terbuka dapat meningkatkan kesejahteraan dan kemampuan untuk bertahan hidup.

    Baca Juga: 7 Sikap yang Membangun Mental yang Kuat

    3. Menghormati Hak Orang Lain

    Menurut penelitian National Bureau of Economic Research, tingkat kebahagiaan suatu negara meningkat ketika tingkat kejujuran dan kepercayaan masyarakatnya tinggi. 

    Sebuah eksperimen ‘dompet hilang’ yang Reader’s Digest lakukan pada tahun 2022 di Helsinki, Finlandia, menunjukkan bahwa 11 dari 12 dompet yang dijatuhkan dikembalikan kepada pemiliknya. 

    Hal ini menggambarkan tingkat kepercayaan dan kejujuran yang tinggi di antara warga Finlandia. Warga Finlandia saling mempercayai dan menghargai kejujuran, bahkan dalam situasi sekecil apapun.

    Dengan prinsip-prinsip ini, Finlandia terus menjadi inspirasi bagi dunia dalam mencapai tingkat kebahagiaan yang tinggi, mengajarkan bahwa kebahagiaan sejati dapat kita temukan dalam kesederhanaan, koneksi dengan alam, dan penghormatan terhadap hak dan kejujuran orang lain.

    (Erwin)

    Berita Terbaru

    spot_img