spot_img
Rabu 24 Juli 2024
spot_img
More

    Keutamaan Sholat Sunnah Qobliyah Subuh

    FOKUSJabar.id: Keutamaan Sholat Sunnah Qobliyah Subuh: Memperkuat Iman dan Disiplin Waktu. Sholat subuh merupakan momen penting dalam kehidupan seorang muslim. 

    Namun, seringkali kita merasa kesulitan untuk bangun dan menunaikannya tepat waktu. 

    Selain berkewajiban menunaikan sholat wajib, kita sebagai umat islam juga dianjurkan untuk melaksanakan sholat sunnah, sebagaimana disebutkan dalam hadis berikut,

    رَكْعَتَا الْفَجْرِ خَيْرٌ مِنْ الدُّنْيَا وَمَا فِيهَا

    Artinya: “Dua rakaat sholat sunnah subuh lebih baik daripada dunia dan seluruh isinya.” (HR. Muslim).

    Untuk membantu memperkuat ikatan spiritual dengan Allah SWT dan membentuk disiplin waktu yang baik, sholat sunnah qobliyah subuh atau sholat sunnah fajar dapat menjadi amalan yang bermanfaat.

    Mengambil dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa keutamaan dari sholat sunnah qobliyah subuh:

    1. Penyempurna Sholat Fardhu dan Sholat Sunnah Terbaik

    Sholat sunnah qobliyah subuh adalah penyempurna dari sholat fardhu subuh dan juga merupakan sholat sunnah terbaik di antara sholat sunnah lainnya. 

    Rasulullah SAW telah menyebutkan dalam hadis bahwa dua rakaat sholat sunnah subuh lebih baik daripada dunia dan seisinya. 

    Melakukan sholat sunnah sebelum sholat fardhu subuh dapat memperkuat kualitas sholat fardhu kita dan membentuk kebiasaan yang baik dalam menunaikannya tepat waktu.

    2. Rutinitas Mulia

    “Ketika terbit fajar Subuh, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tidaklah sholat kecuali dengan dua raka’at yang ringan” (HR. Muslim no. 723). 

    Rasulullah SAW tidak pernah meninggalkan sholat sunnah sebelum sholat subuh. Ini menunjukkan bahwa melakukan sholat sunnah qobliyah subuh merupakan rutinitas mulia yang tidak semua orang mampu melakukannya. 

    Sholat sunnah ini membawa kebaikan dalam disiplin waktu sholat dan membiasakan diri untuk beraktivitas sejak pagi, yang merupakan kebiasaan yang sangat baik dalam Islam.

    Baca Juga:

    3. Mendapatkan Syafaat di Hari Kiamat

    Diriwayatkan dalam hadis Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma yang berbunyi : “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam dua rakaat sholat sunnah subuh membaca ayat قُولُواْ آمَنَّا بِاللّهِ وَمَا أُنزِلَ إِلَيْنَا  (Al Baqarah 136) pada rakaat pertama dan membaca آمَنَّا بِاللّهِ وَاشْهَدْ بِأَنَّا مُسْلِمُونَ  (Ali Imran 52) pada rakaat kedua” ( HR. Muslim 727).

    Hadis menyebutkan bahwa orang yang melakukan sholat sunnah subuh dan sholat subuh dengan tepat waktu dan istiqomah akan mendapat syafaat dari Rasulullah SAW di hari kiamat. 

    Hal ini akan melindungi mereka dari segala bahaya di hari kiamat dan membawa mereka menuju surga.

    Baca Juga: Menjalani Hidup dengan Kuat: Kunci Sukses dan Kesejahteraan

    4. Kebaikan di Akhirat

    Melakukan sholat sunnah subuh dengan konsisten juga akan mendatangkan kebaikan di akhirat.

    Diriwayatkan dalam hadis Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu yang berbunyi : “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam membaca dalam dua rakaat sholat sunnah subuh surat Al Kafirun dan surat Al Ikhlas” (H.R Muslim 726).  

    Rasulullah SAW mengajarkan kepada umatnya untuk membaca surat Al-Kafirun dan Al-Ikhlas dalam sholat sunnah qobliyah subuh, yang merupakan amalan yang akan membawa kebaikan di akhirat dan menjauhkan dari siksa neraka.

    5. Jalan Menuju Surga

    Setiap amalan yang kita lakukan sesuai dengan ajaran Rasulullah SAW adalah jalan menuju surga. 

    Melaksanakan sholat sunnah qobliyah subuh adalah salah satu amalan yang telah Rasulullah SAW contohkan, sehingga menjalaninya akan membawa kita menuju surga dan menjadi pelindung dari berbagai penyakit hati.

    Dengan memahami dan mengamalkan keutamaan sholat sunnah qobliyah subuh, kita dapat memperkuat iman dan disiplin waktu kita, serta mendekatkan diri kepada Allah SWT. 

    Semoga kita senantiasa diberikan kekuatan dan keteguhan hati untuk menjalankan amalan-amalan yang diredhai oleh-Nya.

    (Erwin)

    Berita Terbaru

    spot_img