spot_img
Kamis 25 Juli 2024
spot_img
More

    Perhatikan Aspek Keselamatan Saat Mengisi Daya Smartphone di Motor

    FOKUSJabar.id: Mengisi Daya Smartphone di Motor. Ponsel pintar telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia. 

    Dalam berbagai aktivitas, penggunaan ponsel tidak hanya sebatas alat komunikasi. Namun juga sebagai alat bantu navigasi, terutama bagi pengemudi ojek online (ojol) yang mengandalkan ponsel untuk memberikan layanan mereka.

    Ketika baterai ponsel habis di tengah perjalanan, banyak pengguna mengisi daya di stasiun pengisian daya atau menggunakan power bank. 

    Namun, seiring berkembangnya teknologi, sejumlah sepeda motor terkini seperti Yamaha NMAX dan Honda PCX lengkap dengan soket pengisian daya, memberikan kemudahan bagi pengendara untuk mengisi daya ponsel mereka saat bepergian.

    Meskipun mengisi daya ponsel di motor memberikan kenyamanan, perlu memperhatikan beberapa hal agar proses pengisian daya berlangsung dengan aman dan optimal. 

    Berikut adalah beberapa tips yang perlu diperhatikan dalam mengisi daya smartphone di motor, sebagaimana dilansir dari astra-honda.com:

    1. Gunakan Perangkat Charger Original

    Penting untuk menggunakan perangkat charger yang original. Charger original telah lulus standar keamanan, mengurangi kemungkinan terjadinya masalah yang tidak diinginkan selama proses pengisian daya.

    2. Pastikan Smartphone Dalam Keadaan Mati

    Mengisi daya saat smartphone dalam keadaan mati dapat mencegah terjadinya panas berlebih yang dapat merusak perangkat.

    3. Pastikan Mesin Sepeda Motor Dalam Keadaan Menyala

    Mesin sepeda motor harus dinyalakan saat pengisian daya untuk menjaga daya baterai motor tetap optimal dan mencegah pelemahan daya.

    4. Hindari Penggunaan Port Charger Paralel

    Menggunakan lebih dari satu port charger dapat membuat baterai bekerja lebih keras dan meningkatkan suhu di dalam bagasi, berpotensi menimbulkan masalah pada smartphone dan baterai motor.

    Baca Juga: Eco Driving: Tips Berkendara Hemat BBM dan Lingkungan

    5. Tidak Mengisi Daya Power Bank di Power Charger

    Mengisi daya power bank di dalam bagasi berisiko menimbulkan panas berlebih, yang dapat menyebabkan masalah di kemudian hari.

    6. Periksa Bagasi Sebelum Meninggalkan Sepeda Motor

    Sebelum meninggalkan sepeda motor, penting untuk memeriksa bagasi agar tidak ada perangkat elektronik yang tertinggal.

    Suhu bagasi yang tinggi dapat merusak smartphone, terutama jika sepeda motor terparkir di tempat terbuka.

    Dengan memperhatikan keenam poin di atas, pengguna dapat menjaga keamanan dan kinerja optimal saat mengisi daya smartphone di sepeda motor.

    Selain itu, mencabut perangkat charger dari power charger sebelum meninggalkan sepeda motor juga merupakan langkah penting untuk mencegah masalah yang mungkin timbul.

    (Erwin)

    Berita Terbaru

    spot_img