spot_img
Kamis 9 Mei 2024
spot_img
More

    Festival  Budaya Desa Margaharja Perkokoh Mental Generasi Muda

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Pemerintahan Desa Margaharja Kecamatan Sukadana Kabupaten Ciamis Jawa Barat (Jabar) gelar festival seni budaya tradisional.

    Pesertanya perwakilan grup atau perorangan dari setiap RW se Desa Margaharja.

    BACA JUGA:

    Caleg PKB Pangandaran Ingin Ronggeng Gunung Mendunia

    Kepala Desa Margaharja, Warto mengatakan, tujuan festival seni budaya tersebut untuk menggali potensi dan melestarikan kesenian tradisional.

    “Festival seni budaya ini sengaja kami gelar untuk memperkokoh kecintaan terhadap budaya sendiri,” katanya, Senin (22/1/2024).

    Warto menuturkan, selain menggali talenta dibidang seni budaya juga untuk melestarikan kesenian tradisional yang sudah mulai kurang diminati oleh generasi muda.

    “Seni budaya tradisional memang untuk generasi muda saat ini sedikit kurang diminati. Meski masih banyak juga anak muda yang masih peduli dengan kesenian itu,” ucapnya.

    BACA JUGA:

    KORMI Jawa Barat Terus Dorong Kemajuan Olahraga Panahan Tradisional

    Warto mengatakan, supaya generasi muda kembali mencintai kesenian atau budaya tradisional diperlukan Festival Festival seni budaya tradisional yang pesertanya anak anak usia dini atau generasi muda.

    “Para peserta festival yang diadakan di Desa Margaharja melibatkan anak-anak usia SD. Tujuannya menanamkan kepedulian kepada seni budaya tradisional sejak dini,” jelasnya.

    Warto melanjutkan, adapun dalam Festival yang diselenggarakan pihaknya itu menampilkan budaya hadroh, tembang sunda dan puisi.

    “Diharapkan kegiatan Festival ini bisa menguatkan mental generasi muda agar tidak terpengaruh budaya luar yang dianggap kurang baik,” tegasnya.

    (Husen Maharaja/Bambang Fouristian)

    Berita Terbaru

    spot_img