spot_img
Kamis 29 Februari 2024
spot_img
More

    Bupati Ciamis Resmikan KBU PKBM Galuh

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya, sukses meresmikan Kelompok Belajar Usaha (KBU) PKBM dan melakukan launching Rumah Makan Bacakan Galuh di Rest Area Point Ciamis, Desa Pamalayan, Kecamatan Cijeungjing pada Senin (04/12/2023). 

    Dalam sambutannya, Herdiat mengapresiasi PKBM atas inovasi dan kolaborasi yang memungkinkan kegiatan launching ini. 

    “UMKM menjadi modal penting dalam mendongkrak perekonomian masyarakat, terutama setelah pandemi Covid-19,” ujarnya.

    Herdiat menekankan pentingnya upaya ini dalam mendukung visi misi Ciamis. Yang tertuang dalam RPJMD, khususnya dalam meningkatkan rata-rata lama sekolah di Kabupaten Ciamis. 

    “Rata-rata lama sekolah masyarakat Ciamis mengalami peningkatan signifikan dari 6,2 tahun menjadi 8,09 tahun,” tambahnya, berharap lulusan PKBM memberikan kontribusi positif saat berbaur dengan masyarakat.

    Dengan harapan besar agar lulusan PKBM memiliki keahlian khusus selain ijazah resmi. Bupati berharap inovasi ini memotivasi semua untuk lebih baik. 

    “Dengan bersatunya semua elemen, diharapkan dapat lebih memperkuat pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Ciamis,” pungkasnya.

    Sementara itu, Ketua PKBM Galuh, Endang Haris Juanda, menjelaskan bahwa acara launching KBU PKBM ini memiliki latar belakang mendalam. 

    “PKBM tidak hanya memberikan pendidikan kesetaraan, tetapi juga melatih keterampilan untuk hidup mandiri di masyarakat,” ujarnya. 

    Harapannya adalah memberikan peluang kepada pelaku UMKM dan wirausaha tanpa ijazah formal atau keterampilan.

    “Ini adalah langkah untuk meningkatkan rata-rata lama sekolah dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) masyarakat,” tambah Endang.

    (Fauza/Irfansyahriza)

    Berita Terbaru

    spot_img