spot_img
Monday 29 April 2024
spot_img
More

    Perumdam Tirta Anom Optimalkan Pengelolaan Air IPA Situ Batu

    BANJAR,FOKUSJabar.id: Perumdam Tirta Anom Kota Banjar Jawa Barat (Jabar) terus berupaya mengoptimalkan pengelolaan air di Intalansi Pengelolaan Air (IPA) Situ Batu.

    Salah satu upaya dalam mengoptimalkan IPA tersebut, memberikan pemasangan 403 Sambungan Rumah (SR) secara gratis kepada rumah di Kelurahan Situ Batu dan Desa Neglasari.

    BACA JUGA:

    Ekonomi Kota Banjar Lesu, Sektor Jasa dan Transportasi Paling Lemah

    “Saat ini kami telah memberikan 403 SR gratis di Kelurahan Situ Batu dan Desa Neglasari,” ungkap Direktur Utama Perumdam Tirta Anom, E Fitrah Nurkamilah, Jumat (1/12/2023).

    Pemberian SR gratis kepada masyarakat ini merupakan bantuan dari Pemerintah Kota Banjar untuk mengatasi persoalan air.

    Selain itu, merupakan salah satu cara untuk mengoptimalkan pengelolaan air di IPA Situ Batu.

    “IPA Situ Batu ini kan berkapasitas sekitar 50 liter per detik. Itu bisa mencakup hingga 4000 SR. Sedangkan sekarang masih 600 SR,” kata Dia.

    Dia mengaku, saat ini IPA Situ Batu masih kurang optimal. Karenanya, Dia terus berupaya memperluas pemasangan SR gratis.

    Hal itu untuk memancing agar masyarakat bisa dan mau menjadi pelanggan Perumdam Tirta Anom. Dengan begitu, IPa Situ Batu bisa berjalan optimal.

    BACA JUGA:

    Anak 11 Tahun di Kota Banjar jadi Korban Penganiayaan orang Tuanya, Hingga Kurang Gizi

    Fitrah menargetkan tahun 2024 ada perluasan SR di dua wilayah tersebut.

    “Mudah-mudahan nanti bisa terealisasi lagi untuk pemasangan SR gratis di Desa Neglasari dan sekitarnya. Kita menargetkan 1.600,” ungkapnya.

    Camat Banjar, Egi Ginanjar mengatakan, dengan adanya pemasangan SR gratis ini, masalah masyarakat air di dua wilayahnya teratasi.

    Karena dua wilayah di Kecamatan Banjar kerap mengalami krisis air apalagi kalau musim kemarau panjang.

    “Sumur-sumur milik warga kalau musim kemarau kering,” terangnya.

    “Mudah-mudahan dengan upaya ini masalah masyarakat tentang air di Kelurahan Situ Batu dan Desa Neglasari benar-benar teratasi dan mereka bisa menikmati air untuk kebutuhan sehari-hari,” kata Camat.

    “Masyarakat sekarang bisa memanfaatkan air. Saya harap mereka bisa menjalankan pola hidup bersih dan sehat atas solusi yang diberikan pemerintah Kota Banjar,” pungkasnya.

    (Budiana Marin/Bambang Fouristian)

    Berita Terbaru

    spot_img