spot_img
Kamis 29 Februari 2024
spot_img
More

    Ini Keanehan “Batu Kontol” di Talagasari Ciamis

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Lokasi Batu Kontol di Blok Panyawungan Dusun Cilongok, Desa Talagasari Kecamatan Kawali Kabupaten Ciamis Jawa Barat (Jabar) konon pada masa kerajaan dahulu kala merupakan tempat peristirahatan para raja.

    Batu Kontol sendiri sampai saat ini masih bisa dilihat bentuk fisik maupun keberadaannya yang berada di sawah milik warga setempat.

    BACA JUGA: KPS Cijolang Hulu Tanam Ribuan Bibit Pohon di Desa Sadapaingan

    Menurut Sutardi (75) pemilik sawah tempat Batu Kontol berada menceritakan, Diri diamanti oleh kakek buyutnya untuk merawat dan melestarikannya.

    “Sekitar tahun 1950, saat Saya masih Sekolah Rakyat (SR) mendapat amanat dari orangtua supaya menjaga Batu ini,” katanya, Rabu (29/11/2023).

    Sutardi menuturkan, saat itu Dia menanyakan asal usul dan sejarah Batu itu. Namun orang tuanya hanya bilang harus merawatnya saja.

    BACA JUGA: Program P2WKSS Sudah Nyata Dirasakan Masyarakat Ciamis

    “Untuk asal usul maupun sejarah Batu tersebut, orangtua Saya tidak menjelaskan secara detail. Hanya menyuruh untuk menjaga saja,” ucapnya.

    Sutardi mengatakan, meski orangtu nya tidak menjelaskan secara detail, namun sekilas menceritakan bahwa di lokasi itu merupakan tempat peristirahatan para raja.

    Saat istirahat, para raja itu mengadakan sabung ayam.

    “Menurut cerita kakek buyut saya, di lokasi tersebut merupakan tempat sambung ayam para raja,” jelasnya.

    Sutardi melanjutkan, beberapa tahun yang lalu tempat itu pernah didatangi para peziarah dari luar daerah.

    “Konon yang datang ke lokasi Batu Kontol untuk mengalap berkah agar mendapatkan keberuntungan,” terangnya.

    Sutardi menambahkan, keanehan yang terjadi, ketika suatu masa Batu Kontol tersebut diangkat dari tempatnya dan dibuang ke sungai. Namun Batu tersebut kembali lagi pada tempatnya.

    “Dahulu sekitar Tahun 1945, menurut cerita Batu Kontol itu pernah dicabut dari tempatnya kemudian dibuang oleh seorang warga yang kurang waras. Besoknya Batu itu sudah ada di tempatnya semula,” ungkapnya.

    (Husen Maharaja/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img