spot_img
Kamis 29 Februari 2024
spot_img
More

    Menteri Sosial Tinjau Bantuan Renovasi Rumah di Garut

    GARUT,FOKUSJabar.id: Menteri Sosial (Mensos) Republik Indonesia, Tri Rismaharini mengunjungi Kabupaten Garut Jawa Barat (Jabar), Senin (30/10/2023).

    Kunjungan Mensos untuk meninjau proyek bantuan renovasi rumah Mahdar (25) dan keluarganya di Kampung Cipenta, Desa Mekarjaya Kecamatan Tarogong Kaler.

    Mahdar adalah kakak Entis Sutisna (13) yang sempat viral di media sosial karena aksinya menyuapi ibunya yang mengalami gangguan jiwa.

    BACA JUGA:

    Miris! Gadis di Madiun Diperkosa Ayah Kandung, Paman dan Kakek

    Tri Rismaharini bersama Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman, Kepala Dinas Sosial, Aji Sukarmaji dan Anggota DPRD, Yudha Puja Turnawan, bincang-bincang dengan Mahdar dan Entis di rumah mereka.

    Rumah mereka sudah mengalami perbaikan dan terlihat lebih layak serta memiliki warung kelontongan bantuan dari Kementerian Sosial Republik Indonesia.

    Menteri Sosial mengucapkan terima kasih kepada media atas informasi terkait Entis dan keluarganya.

    Ia menjelaskan, ibu mereka (Siti Salamah) saat ini sedang mendapatkan perawatan di Rumah Sakit Jiwa dr. Marzoeki Mahdi (RSJMM) Kota Bogor.

    Siti Salamah adalah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dari Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Dan sebelumnya mendapatkan bantuan Program Keluarga Harapan (PKH).

    PKH tersebut sempat tidak aktif. Namun dapat diusulkan kembali karena termasuk dalam kategori disabilitas disorder.

    Terlebih PKH ini memiliki beberapa komponen. Seperti komponen anak, lansia hingga disabilitas.

    Menteri Risma juga telah menghubungi RSJMM Kota Bogor untuk memastikan perawatan Siti yang membutuhkan perawatan satu bulan sekali. Karena lokasi rumahnya yang cukup jauh.

    BACA JUGA:

    Ayah dan Anak Ditemukan Tewas Membusuk di Koja

    Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman menyebut, pihaknya melalui Dinas Sosial telah memberikan bantuan dan penanggulangan kepada Entis dan keluarga.

    menteri sosial fokusjabar.id
    Mensos RI, Tri Rismaharini, didampingi Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman, berbincang dengan Entis Sutisna (13) dan Mahdar (foto Ist)

    Menurut Dia, kedatangan Menteri Risma dianggap sebagai pelengkap dari upaya penanggulangan terhadap Siti yang mengalami gangguan jiwa.

    “Mudah-mudahan tidak kambuh lagi untuk Ibu Siti. Dan anak-anaknya bisa mandiri walaupun dalam keadaan seperti itu,” kata Helmi.

    Soal penanganan Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ), pihaknya telah bekerja sama dengan RSJMM Kota Bogor.

    Di mana Pemkab Garut telah memfasilitasi masyarakat yang didiagnosa mengalami gangguan jiwa dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

    “Kalau ada pasien yang akut,kita rawat dulu di Klinik Atma. Jika tidak bisa ditangani, kita rujuk ke Rumah Sakit Marzoeki Mahdi,” ucapnya.

    (Rizqy/Bambang Fouristian)

    Berita Terbaru

    spot_img