spot_img
Jumat 24 Mei 2024
spot_img
More

    18 Atlet Sambo Jabar Siap Berjuang di Babak Kualifikasi PON XXI

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Sebanyak 18 atlet sambo Jawa Barat siap bertarung di babak kualifikasi untuk memperebutkan tiket kelolosan menuju PON XXI tahun 2024. Pelaksanaan babak kualifikasi akan digelar di GOR Pajajaran, Kota Bogor, 25-28 Oktober 2023.

    Pelatih tim sambo Jabar, Arnold Silalahi mengatakan, ke-18 atlet tersebut akan bertanding di dua kategori nomor yakni combat dan sport. Untuk nomor combat dihuni 11 orang atlet dan sisanya yakni 5 atlet di nomor combat.

    “Total ada 18 kelas di dua kategori nomor yang dipertandingan nanti di PON XXI. Kita menargetkan bisa loloskan semua atlet di semua kelas pertandingan,” kata Arnold saat ditemui usai pelepasan tim oleh Ketua Umum KONI Jabar, M. Budiana di gedung KONI Jabar, Jalan Pajajaran Kota Bandung, Selasa (24/10/2023).

    fokusjabar.id Sambo babak kualifikasi PON XXI
    Ketua Umum KONI Jabar, M. Budiana memberikan wejangan saat melepas tim sambo Jabar menuju babak kualifikasi PON XXI. (FOTO: Ageng)

    Untuk syarat kelolosan, lanjut Arnold, ditentukan yakni enam besar atlet di setiap kelas pertandingan ditambah dua atlet asal tuan rumah PON XXI, Sumatera Utara dan Aceh, yang mendapatkan tiket lolos langsung. Sehingga pada PON XXI, setiap kelas akan diikuti oleh delapan orang atlet.

    “Persaingannya dimulai di babak kualifikasi. Meski sambu merupakan cabang olahraga yang baru resmi dipertandingkan di PON XXI tapi jumlah atlet yang ikut cukup banyak yakni 260 atlet dari 21 provinsi. Sehingga butuh antara dua sampai tiga kali kemenangan di setiap kelas untuk menempati posisi enam besar,” Arnold menerangkan.

    Sementara untuk target di PON XXI, Arnold mengaku jika pihaknya ditargetkan bisa menyumbangkan 5 medali emas dari 18 nomor yang dipertandingan. Untuk mencapai target tersebut yakni meloloskan semua atlet di semua kelas pertandingan PON XXI.

    “Targetnya sekarang lolos dulu semua kelas, baru kita bicara medali di PON XXI. Tapi kita sudah punya modal cukup bagus dari hasil kejurnas baru-baru ini di Karawang dimana Jabar mampu meraih hasil yang cukup baik,” kata Arnold.

    Sementara Ketua Umum KONI Jabar, M. Budiana mewanti-wanti para atlet untuk tidak terlena dan lengah usai meraih hasil yang baik di ajang kejurnas. Untuk itu, dia berpesan kepada atlet untuk menampilkan performa terbaiknya pada saat babak kualifikasi PON XXI nanti.

    “Ingat, jangan menganggap sepele babak kualifikasi ini tapi selalu tampilkan yang terbaik. Dan satu lagi, tetap rendah hati tetapi tinggi prestasi. Jadilah atlet yang tinggi prestasi dengan budi pekerti yang baik. Selamat berjuang dan semoga bisa mendapatkan hasil terbaik,” kata Budiana.

    fokusjabar.id Sambo babak kualifikasi PON XXI
    Tim Sambo Jabar. (FOTO: Ageng)

    Daftar Atlet Sambo Jabar – Babak Kualifikasi PON XXI
    1. Imam Maulana M (Kab. Karawang)
    2. Toni Irawan (Kab. Bekasi)
    3. Andri Kurnia (Kota Bandung)
    4. Ryan Ramadhan (Kab. Bekasi)
    5. Heri Fadli Hukmi Wibiksana (Kab. Bekasi)
    6. Rioa Akbar Bahari (Kab. Bekasi)
    7. Billy Sugara (Kab. Bekasi)
    8. Amelia Citra Lestari (Kab. Karawang)
    9. Dedeh Nurhasanah (Kab. Subang)
    10. Nur Salwa Agustina (Kota Bandung)
    11. Resti Arsya Nursyahbani (Kab. Bogor)
    12. Muhammad Zaki (Kab. Bandung Barat)
    13. Tedi Hartono (Kota Bogor)
    14. Gugun Gusman (Kab. Bandung)
    15. Deni Arif Fadhillah (Kab. Bekasi)
    16. Senie Christian (Kab. Bandung)
    17. Emma Ramadinah (Kab. Karawang)
    18. Eka Setiawati (Kab. Bandung Barat)

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img