spot_img
Minggu 5 Mei 2024
spot_img
More

    Siti Mufattahah Ajarkan Demokrasi Pancasila ke Generasi Milenial

    TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: Anggota DPR/MPR RI Komisi XI Siti Mufattahah kembali menyapa warga Kabupaten Tasikmalaya melalui kegiatan penyerapan aspirasi masyarakat.

    Kegiatan aspirasi yang bertema Sistem Demokrasi Pancasila tersebut digelar di Aula Graha Prakarsa, Desa Kaputihan Kecamatan Jatiwaras Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat, Rabu (18/10/2023).

    Acara tersebut dihadiri ratusan elemen masyarakat dan generasi milenial.

    BACA JUGA:

    Berhasil Menjaga Sumber Air, Ko Awun dapat Penghargaan dari Pj Wali Kota Tasikmalaya

    Legislator Partai Demokrat itu pun memberikan pemaparan terkait sistem Demokrasi Pancasila kepada peserta sekaligus menyerap sejumlah aspirasi, ide dan pemikiran yang disampaikan masyarakat Tasikmalaya.

    “Hari ini, saya menyapa sejumlah masyarakat, memberikan pemahaman tentang sistem demokrasi di Indonesia yang berlandaskan Pancasila,” ungkap Siti Mufattahah.

    Ia menjelaskan, pemahaman sistem demokrasi Pancasila bagi lapisan masyarakat khususnya di Kabupaten Tasikmalaya ini sangat penting. Terlebih kita akan menghadapi pesta demokrasi (Pemilu) Februari 2024 mendatang.

    BACA JUGA:

    HUT Ke-22 Kota Tasikmalaya, Cheka Virgowansyah Beberkan Sejumlah Prestasi

    “Demokrasi Pancasila merupakan sistem pemerintahan yang meletakkan kekuasaan negara tertinggi adalah ditangan rakyat,” jelasnya.

    Siti Mufattahah menjelaskan, Indonesia sendiri menganut sistem demokrasi Pancasila yang berasaskan ideologi, pandangan hidup, dasar negara, kerakyatan dan keadilan sosial bagi seluruh Indonesia.

    “Ciri sistem demokrasi Pancasila kedaulatan ada ditangan rakyat, pelaksanaan pemerintahan sesuai konstitusi dan pelaksanaan pemilu harus dilakukan jujur, adil dan bebas,” terangnya.

    BACA JUGA:

    Usia Ke-22, Kota Tasikmalaya Berhasil Keluar dari Daerah Termiskin di Jabar

    Menurutnya, bentuk menjunjung tinggi pelaksanaan demokrasi Pancasila dalam bernegara yakni berperan aktif dalam menyukseskan pelaksanaan Pemilu 2024.

    “Masyarakat merupakan bagian penting dalam penerapan demokrasi Pancasila di Indonesia. Pasalnya, kedaulatan berada ditangan rakyat, menyalurkan hak pilih dalam Pemilu itu bentuk partisipasi aktif dalam membangun bangsa yang berlandaskan Pancasila,” pungkas Siti Mufattahah.

    (Seda/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img