spot_img
Sabtu 18 Mei 2024
spot_img
More

    HUT Ke-22 Kota Tasikmalaya, Cheka Virgowansyah Beberkan Sejumlah Prestasi

    TASIKMALAYA,FOKUSJabar id: Sejumlah pencapaian keberhasilan Kota Tasikmalaya dari berbagai bidang dibeberkan Pj Wali Kota Tasikmalaya Cheka Virgowansyah pada puncak peringatan hari jadi Kota Tasikmalaya Ke-22 tahun 2023.

    Paripurna istimewa sendiri dihadiri Asisten Pemerintahan Dan Kesra Pemprov Jawa Barat Dedi Supriadi serta sejumlah elemen masyarakat, tokoh agama, tokoh Pemuda dan para Walikota Tasikmalaya terdahulu yang sudah berkontribusi membangun dan menata Kota Tasikmalaya.

    “Sudah berusia 22 tahun, kalau diibaratkan orang, Kota Tasikmalaya sudah tumbuh dewasa, sehingga menghadapi berbagai masalah sekaligus mampu menyelesaikan masalahnya,” kata Cheka Virgowansyah pada Rapat Paripurna Istimewa Puncak HUT Kota Tasikmalaya Ke-22 di Gedung DPRD Kota Tasikmalaya, Selasa  (17/10/23).

    BACA JUGA: Usia Ke-22, Kota Tasikmalaya Berhasil Keluar dari Daerah Termiskin di Jabar

    Dia pun menjelaskan, Kota Tasikmalaya di usia ke-22 sekarang, sejumlah pencapaian prestasi yang sudah ditorehkan sebagai daerah yang terus berbenah.

    “Angka Kemiskinan di tahun 2022 12,72 persen turun ke 11,53 persen tahun 2023, indeks pembangunan manusia tahun 2023 sebesar 73,83 poin, indeks pendidikan 68,18 poin, indeks kesehatan 80,97 poin, indeks daya beli 71,85 poin, dan pengeluaran perkapita sebesar 10,57 juta rupiah,” kata dia.

    Lanjutnya, pertumbuhan ekonomi dari 3,57 persen naik menjadi 5,01 persen, pengangguran turun dari 7,66 persen menjadi 6,22 persen, inflasi tercatat 1,17 persen yang masih terkendali.

    Kemudian, sejumlah penghargaan pun diraih Kota Tasikmalaya mulai dari opini wajar tanpa pengecualian dari BPK Republik Indonesia 7 kali berturut-turut, penghargaan Kota peduli HAM dari Kemenkumham Republik Indonesia 9 kali berturut-turut, penghargaan keterbukaan informasi publik dari Pemprov Jawa Barat, penghargaan APBD Award/Realisasi Belanja Tertinggi dari Kemendagri RI, penghargaan nilai indeks pengelolaan keuangan daerah tertinggi se-Indonesia dengan nilai 85,589.

    “Penghargaan pembangunan daerah terbaik kategori kota dari Pemprov Jawa Barat, penghargaan top pembina BUMD tahun 2023, penghargaan terbaik kewaspadaan dan respon cepat terhadap penyakit, terbaik capaian TB-SO dari Pemprov Jawa Barat,” kata Cheka.

    BACA JUGA: Warga Asli Kota Tasikmalaya yang Sukses di Luar Daerah Berkumpul Bahas Berbagai Isu

    Cheka Virgowansyah juga menuturkan, Kota Tasikmalaya sebagai daerah dengan penanaman modal dalam negeri (PMDN) terbaik se-Jawa Barat dengan total realisasi investasi sebesar Rp. 4,618 triliun lebih.

    “Pencapaian prestasi ini, bentuk komitmen dari semua pihak dan stakeholder lainnya di Kota Tasikmalaya untuk mewujudkan daerah yang maju, berkembang dan sejahtera,” pungkasnya. 

    (Seda/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img