spot_img
Selasa 7 Mei 2024
spot_img
More

    Cegah Rabies, DKP3 Kota Tasikmalaya Ajak Vaksin Monyet

    TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id : Peringati World Rabies Day/Hari Rabies Dunia 2023, Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Tasikmalaya mengajak masyarakat untuk sadar bahaya penyakit rabies.

    “Peringatan World Rabies Day (WRD) untuk menyadarkan semua tentang bahaya serangan rabies yang ditularkan hewan kepada manusia,” ungkap Cecep Kustiawan, Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan DKP3 Kota Tasikmalaya, Sabtu (7/10/2023).

    BACA JUGA: Dongkrak Perekonomian, Ratusan UMKM Berjualan di Plaza Asia Tasikmalaya

    Ia menjelaskan, hari ini aksi serentak pelaksanaan vaksin rabies se-Jawa Barat untuk memecahkan rekor muri pemberian vaksin rabies terbanyak di Indonesia.

    “Kita ajak masyarakat yang memiliki hewan peliharaan (Kucing, Anjing, Monyet dan Musang) segera datang ke Gedung Creative Center (GCC) komplek Olahraga Dadaha Kota Tasikmalaya untuk mendapatkan vaksin secara gratis,” jelasnya.

    Ia menyebutkan, vaksin bagi hewan peliharaan sangat penting agar tidak mengancam kesehatan.

    BACA JUGA: Perbaikan Gizi Anak, Khifayati Nursetiana Dorong Program Posyandu

    “Rabies ini kan sifatnya zoonosis. Sehingga kalau hewan tersebut diindikasikan rabies dan menggigit manusia, itu sangat berbahaya karena bisa menimbulkan kematian,” ujar Cecep.

    Ia menambahkan, target vaksin hewan peliharaan 500 hewan. Sementara jumlah hewan peliharaan di Kota Tasikmalaya mencapai 750 ekor.

    “Alhamdulilah, sejauh ini kasus rabies di wilayah Kota Tasikmalaya zero kasus. Ini harus kita jaga dengan mengajak masyarakat untuk rutin melakukan vaksin terhadap hewan peliharaannya,” pungkas Dia.

    (Seda/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img