spot_img
Selasa 7 Mei 2024
spot_img
More

    BNPB Guyur 22.500 Liter Air Tekan Polusi Udara Selama KTT ASEAN

    JAKARTA,FOKUSJabar.id: Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melakukan teknologi modifikasi cuaca (TMC) guna menekan tingkat polusi udara selama penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN pada 5-7 September 2023 di Jakarta.

    “BNPB mengerahkan dua pesawat fixed wing untuk melakukan evaporasi buatan dengan teknik baru di langit Jakarta. Teknik yang digunakan disebut water spray,” kata Deputi Penanganan Darurat BNPB, Mayjen TNI Fajar Setyawan, Sabtu (9/9/2023).

    Fajar mengatakan, sebanyak dua pesawat dioperasikan untuk menciptakan evaporasi sehingga diharapkan dapat menekan polusi udara.

    Selain mengurangi polusi udara di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek), operasi TMC juga bertujuan untuk mendukung penyelenggaraan KTT ASEAN.

    BACA JUGA: Tekan Polusi Udara, Kemenkes Terapkan WFH 50 Persen di Jakarta

    Selama KTT ASEAN berlangsung, total 18 penerbangan sorti dilakukan oleh dua pesawat tersebut dengan jumlah water spray sebanyak 22.500 liter di langit Jakarta.

    “Modifikasi dengan water mist melalui alat penyemprot air ini memberikan dampak yang cukup signifikan, yakni terjadi penurunan nilai polutan PM 2.5 di beberapa titik yang telah dilakukan operasi,” kata Fajar, melansir IDN.

    Keberhasilan menurunkan polutan pada saat berlangsungnya KTT ASEAN mendorong BNPB untuk terus melanjutkan kegiatan tersebut meskipun acara KTT ASEAN telah berakhir 7 September lalu.

    “BNPB akan memperpanjang kegiatan modifikasi cuaca water mist di Jakarta dan sekitarnya dengan dua pesawat sampai tanggal 13 September 2023,” ujar dia.

    Permintaan dukungan BNPB untuk melakukan TMC tersebut berdasarkan hasil Rapat Koordinasi Lanjutan Penanganan Lanjutan Penanganan Polusi Udara di wilayah Jabodetabek yang dipimpin oleh Menko Marvest pada 2 September 2023 lalu.

    BNPB melalui Deputi Bidang Penanganan Darurat mengerahkan dua unit pesawat dengan kapasitas penyemprotan 1.000 – 1.500 liter per sorti. Keberhasilan operasi TMC ini dilakukan atas kerja sama berbagai pihak, BNPB, TNI AU, BRIN, dan BMKG.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img