spot_img
Minggu 19 Mei 2024
spot_img
More

    Masuk Kategori Sedang, Pemkot Bandung Bakal Terus Lakukan Uji Emisi Kendaraan

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung akan mulai mewajibkan pelaksanaan uji emisi bagi semua kendaraan bermotor. Langkah ini dilakukan untuk mengatasi polusi udara di Kota Bandung.

    “Polusi udara di kita masuk kategori sedang. Upaya paling kongkrit dan real adalah melakukan proses uji emisi, dan saya berharap masyarakat juga terbangun kesadarannya,” ujar Pelaksana harian (Plh) Wali Kota Bandung Ema Sumarna di Balai Kota Jalan Wastukencana Jabar Rabu (6/9/2023).

    BACA JUGA: Ratusan Warga Pilah Sampah Masal,Pemkot Bandung Kembali Buat Lubang Tampung Sampah Organik di Wilayah Cibiru

    Menurutnya, Pemkot Bandung telah siap untuk melayani masyarakat dalam hal ini. Namun paling penting, adalah bagaimana masyarakat turut mendukung upaya pemerintah menekan polusi udara.

    “Jadi kesadaran masyarakat juga harus terbangun. Kalau kita terus mengejar, kita akan sangat sulit. Terutama mereka yang bergerak di jalan raya. Padahal kita siap melayani melakukan proses uji emisi. Bisa datang ke Dinas Lingkungan Hidup (DLH),”ucapnya.

    Upaya lainnya dalam menekan polusi udara, adalah kembali menggalakan penghijauan. Pihaknya mengaku telah mengintruksikan aparat kewilayahan agar memasifkan penghijauan.

    BACA JUGA: Meski Belum Normal, Sebanyak 2.000 Ton Sampah di Kota Bandung Sudah Terangkut ke TPA Sarimukti

    Ema menambahkan, adapun gerakan telah dilakukan di kawasan Kecamatan Sukajadi. Kewilayahan disana sudah mengoptimalkan lahan-lahan kosong untuk ditanami pepohonan.

    “Tapi untuk yang di jalan raya, saya minta semua dikoordinasikan. Karena dalam pemasangan itu, harus menggunakan strategi juga estetikanya harus bagus. Kan banyak contoh ketika dipasang estetikanya kurang pas. Itu kan harus ditebang lagi,”pungkasnya.

    (Yusuf Mugni/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img