spot_img
Jumat 3 Mei 2024
spot_img
More

    Buka Piala Gubernur Jabar Cabor Tarung Derajat, Emil Ingatkan Filosofi Juara dan Petarung

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Kejuaraan Daerah (Kejurda) Tarung Derajat bertajuk ‘Piala Gubernur Jabar Tahun 2023′ resmi digelar di gedung Youth Center, komplek SPOrT Jabar, Jalan Pacuan Kuda, Arcamanik, Kota Bandung, Kamis (10/8/2023) hingga Minggu (13/8/2023). Gubernur Jabar, Ridwan Kamil secara langsung membuka pelaksanaan kejurda pada Kamis (10/8/2023) didampingi Ketua Umum KONI Jabar, M. Budiana, Sang Guru GH. Achmad Derajat, Ketua Umum Pengprov KODRAT, Dedi Taufik serta jajaran pengurus lainnya.

    fokusjabar.id Piala Gubernur Jabar Tarung Derajat
    Pertandingan pada Kejurda Tarung Derajat ‘Piala Gubernur Jabar 2023’. (FOTO: Ageng)

    Dalam sambutannya, Gubernur Jabar yang akrab disapa Emil mengatakan, langkah menuju provinsi juara lahir bathin diberikan kemudahan. Bahkan dalam lima tahun kepemimpinannya bersama Uu Ruzhanul Ulum, Provinsi Jabar mendapat 542 penghargaan yang termasuk didalamnya penghargaan sebagai provinsi dengan pembinaan olahraga terbaik serta Pembina Olahraga Terbaik di Indonesia.

    “Tidak sia-sia saya memberikan semangat juara yang kami lahirkan menjadi spirit petarung seperti di olahraga tarung derajat. Kata-kata itu adalah energi yang kalau disebutkan pelan menjadi doa dan jika diteriakkan menjadi sebuah semangat,” kata Emil saat membuka kejurda, Kamis (10/8/2023).

    fokusjabar.id Piala Gubernur Jabar Tarung Derajat
    Gubernur Jabar, Ridwan Kamil secara resmi membuka Kejurda Tarung Derajat ‘Piala Gubernur Jabar 2023’. (FOTO: Ageng)

    Predikat sebagai provinsi dengan pembinaan olahraga terbaik di Indonesia, lanjut Emil, salah satunya dibuktikan dengan meraih gelar juara umum PON dua kali berturut-turut pada PON XIX tahun 2016 di Jabar dan PON XX tahun 2021 di Papua. Berkat prestasi tersebut, Jabar dijadikan laboratorium sport science sebagai gabungan dari keahlian dan keuletan ditopang ilmu olahraga yang menjadikan Jabar semakin luar biasa.

    “Karena itu, saya berbangga hati menggelar Piala Gubernur Jabar di berbagai cabang untuk memilih orang-orang hebat yang Insya Allah akan menjadi tulang punggung di Pra PON XXI dan kita maksimalkan pada PON XXI tahun 2024 di Sumatera Utara dan Aceh untuk mencetak hattrick juara umum. Temasuk dari perwakilan cabang olahraga tarung derajat Jabar akan meraih juara umum,” dia menuturkan.

    fokusjabar.id Piala Gubernur Jabar Tarung Derajat
    Pertandingan pada Kejurda Tarung Derajat ‘Piala Gubernur Jabar 2023’. (FOTO: Ageng)

    Dalam kesempatan tersebut, Emil pun mengingatkan terkait lima unsur gerak dari olahraga tarung derajat yang menjadi nasihat sang Guru GH. Achmad Derajat. Semangat dari seorang petarung itu tidak hanya dari sisi fisik, tapi juga harus memiliki kekuatan yang digabungkan dengan kecepatan ditunjang dengan ketepatan serta keberanian serta semangat keuletan dalam perjalannya.

    “Di dalam bathin kita harus ada sebuah kesadaran, kecerdasan hingga kesantunan. Untuk itu bertarunglah dengan semangat persahabatan dan pertemanan, jangan ambil cara-cara yang melanggar fair play demi hanya mengejar kemenangan. Karena itu, pikiran, rasa, dan keyakinan adalah landasan moral dari apa yang kita lakukan hari ini serta dan nafas pertarungan hari ini dan esok adalah semangat persaudaraan. Mari taklukkan diri sendiri dan bukan untuk ditaklukkan orang lain,” kata Emil.

    fokusjabar.id Piala Gubernur Jabar Tarung Derajat
    Ketua Umum KONI Jabar, M. Budiana saat memberikan sambutan pada Kejurda Tarung Derajat ‘Piala Gubernur Jabar 2023’. (FOTO: Ageng)

    Ketua Umum KONI Jabar, M Budiana menyambut baik pelaksanaan kejurda Tarung Derajat Piala Gubernur Jabar 2023 sebagai bagian dari proses pembinaan olahraga. Sebuah ajang kompetisi atau kejuaraan menjadi sebuah bagian penting dalam hal pembinaan olahraga prestasi selain faktor lainnya.

    “Pada kejurda ini terlibat sebanyak 225 atlet dan 54 ofisial dari 27 pengcab KODRAT kota dan kabupaten di Jabar. Mereka bertading di 11 nomor tarung bebas putra, 5 nomor tarung bebas putri dan 7 nomor seni gerak. Ini menjadi potensi bagi cabang olahraga tarung derajat untuk berprestasi di PON XXI mendatang,” kata Budiana.

    fokusjabar.id Piala Gubernur Jabar Tarung Derajat
    Pembukaan kejurda Tarung Derajat ‘Piala Gubernur Jabar 2023’. (FOTO: Ageng)

    Dalam kesempatan tersebut, Budiana pun menyampaikan persiapan Jabar menghadapi PON XXI tahun 2024 di Sumatera Utara dan Aceh. Hingga saat ini, sekitar 20 persen cabag olahraga sudah menjalani Pra PON XXI atau babak kualifikasi dan berhasil meraih posisi terbaik yang artinya berpeluang besar berlaga di putaran final PON XXI di Sumatera Utara dan Aceh.

    “Sisanya, masih dan akan menjalani babak kualifikasi hingga bulan November 2023. Semoga saja 64 cabang olahraga bisa diikuti Jabar di ajang PON XXI berkat sokongan Pak Gubernur dan seluruh masyarakat Jabar,” Budiana menegaskan.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img