spot_img
Sabtu 4 Mei 2024
spot_img
More

    Ridwan Kamil: UNI Footbal Development Berhasil Melakukan Pembinaan Sepak Bola Usia DIni

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengatakan, UNI Footbal Development telah berhasil melakukan pembinaan sepak bola usia dini di Jawa Barat hingga tingkat nasional lewat Piala Gubernur Jawa Barat Tahun 2023. 

    Menurut Ridwan Kamil , UNI Footbal Development sebagai salah satu SSB tertua di Indonesia telah membuktikan komitmennya pada pembinaan sepakbola usia dini. 

    “Pemberian mandat penyelenggaraan Piala Gubernur Jabar kepada UNI Football Development adalah bentuk kepercayaan kami terhadap kemampuan dan dedikasi mereka dalam mengelola kompetisi sepakbola,” kata dia, Minggu (7/16/2023). 

    BACA JUGA: Wasit Berlisensi FIFA, OKI Dwi Putra Apresiasi Turnamen Piala Gubernur Jabar 

    Piala Gubernur Jawa Barat merupakan kompetisi sepakbola bergengsi yang diikuti 88 tim Sekolah Sepak Bola (SBB) di Jawa Barat bahkan di luar Jawa Barat dengan sebanyak 1152 anak usia dini dari Kelompok Umur (KU-9, KU-10, KU-11, KU-12). 

    Ia juga menegaskan bahwa pemprov jabar akan terus berkomitmen untuk pembinaan sepakbola usia dini di Jawa Barat, dan melalui Piala Gubernur ini diharapkan mampu melahirkan bibit-bibit sepakbola yang berkualitas dan mewakili Jawa Barat di tingkat nasional.

    “Kami berharap Piala Gubernur Jawa Barat dapat menjadi wadah bagi pemain-pemain muda berbakat untuk menunjukkan kemampuan mereka dan membuka peluang lebih luas di dunia sepakbola, dan bisa digelar lebih bagus lebih dan menjadi kompetisi yang paling hebat di Indonesia,” ujarnya.

    Ridwan Kamil dalam kesempatan turut hadir di Lapang UNI Jebreet Arena dan mengungkapkan bahwa Kang Emil juga dulunya merupakan kapten di SMA 3 Bandung. Dan baru-baru ini, salah satu stadion di Jawa Barat yakni Stadion Si Jalak Harupat langsung mendapatkan atensi dari Presiden Indonesia Joko Widodo berkesempatan menjadi salah satu stadion yang menyelenggarakan Piala Dunia U17. 

    Ridwan Kamil berpesan bahwa dari sepakbola bisa mengajarkan anak-anak dalam hal kerja keras, disiplin dan sportifitas. Lanjut dia kompetisi sepakbola ini mengajarkan semangat kerja keras, mengajarkan kekompakan tim, sepakbola mengajarkan tidak boleh curang.

    “Sepakbola mengajarkan kita mengejar cita-cita dan terakhir, Jawa Barat diberikan penghargaan pembinaan atlet terbaik di Indonesia,” kata dia. 

    Selain itu, Piala Gubernur Jawa Barat tahun 2023 diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan sepakbola di Jawa Barat. Dengan adanya dukungan dari UNI Football Development dan komitmen Pemerintah Provinsi Jawa Barat, diharapkan pembinaan sepakbola usia dini dapat terus berkembang dan menghasilkan generasi-generasi muda yang berprestasi di bidang olahraga sepakbola.

    Sementara itu, Ketua Pelaksana Piala Gubernur Jawa Barat UNI Football Development, Iwan Jati mengucapkan banyak terima kasih pada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang telah mempercayakan SSB UNI untuk menyelenggarakan kompetisi ini. 

    “Sebuah kehormatan juga bagi UNI yang telah diberikan amanah untuk menggelar kejuaraan sepakbola Piala Gubernur Jawa Barat, semakin meningkatkan kredibilitas UNI sebagai SSB yang berkomitmen kuat pada pengembangan sepakbola tanah air,” ujarnya.

    Iwan Jati  mengatakan adanya Kompetisi Piala Gubernur Jabar ini yang didukung berbagai pihak baik dari pemerintahan Provinsi Jabar secara langsung dan pihak sponsor yang mendukung kompetisi sepak bola usia ini bisa melahirkan pemain yang nanti bisa berbicara nasional bahkan membela Indonesia di ajang kompetisi Internasional. 

    “Dukungan dari Gubernur, Pemprov Jabar dan seluruh pihak yang turut terlibat juga mempermudah kami untuk menjalankan kejuaraan ini sesuai dengan pesan Pak Gubernur agar dikelola secara profesional sehingga tujuan dari kejuaraan agar pesepakbola muda dapat merasakan atmosfer pertandingan yang kompetitif dan sehat dapat terwujud yang pada akhirnya dapat melahirkan bibit unggul pesepakbola nasional,” ujar dia.

    BACA JUGA: Dapat 2 Ribu Pengaduan, Ridwan Kamil Minta PPDB Dievaluasi

    Iwan Jati mengapresiasi terhadap seluruh sponsor dan BUMD Jabar yang atas arahan Gubernur mendukung kejuaraan ini serta juga legenda-legenda sepakbola nasional yang hari ini turut hadir untuk memberikan dukungan terhadap penyelenggaraan acara. 

    Pada kesempatan itu, legenda sepakbola yang lahir di SSB UNI seperti Max Timisela dan Adeng Hudaya. Mereka diberikan bantuan “Kadeudeuh” Oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Max Timisela sendiri merupakan pemain sepak bola Indonesia dari SSB UNI dan pemain Persib Bandung yang terkenal pada tahun 1960-an. Ia berposisi sebagai penyerang. Dia pernah mengantarkan Persib ke tangga juara pada era Perserikatan serta pernah memperkuat tim nasional sepak bola Indonesia tahun 1963 sampai 1970.

    Berita Terbaru

    spot_img