spot_img
Sabtu 18 Mei 2024
spot_img
More

    Didukung Superchallenge, Super Chess National Tournament Disambut Antusias Pecatur Nasional

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Turnamen catur bertajuk ‘Super Chess National Tournament’ yang didukung penuh Superchallenge, sukses digelar dan menasbihkan International Master (IM) Dede Liu sebagai kampiun di kategori open. Digelar selama dua hari, 8-9 Juli 2023, di Papuri Saung Sunda (Progresi Sport Center), Jalan Soekarno Hatta Kota Bandung, gelaran turnamen catur tahunan ini mendapatkan sambutan luar biasa dari para pecatur di tanah air.

    Memperebutkan total hadiah Rp98 juta, Superchallenge – Super Chess National Tournament diikuti 306 pecatur yang bertanding di tiga kategori. Yakni di kategori Open sebanyak 212 peserta, kategori Junior sebanyak 48 peserta dan kategori Veteran sebanyak 46 orang peserta.

    fokusjabar.id Super Chess National Tournament
    Para pemenang Superchallenge – Super Chess National Tournament 2023. (FOTO: Istimewa)

    Pecatur asal Jabar, IM. Dede Liu keluar sebagai juara pada kategori Open setelah unggul poin Buchholz (BH) maupun Sonneborn-Berger (SB) meski memiliki nilai poin yang sama yakni 7,5 dengan peringkat dua Fide Master (FM) Hamdani Rudin dan peringkat ketiga FM. Ivan Maxmillian.

    Pada kategori Junior, pecatur asal Banten, Reynard Kristopher keluar sebagai juara. Untuk posisi runner up ditempati pecatur Jabar atas nama Ray Mclung dan disusul pecatur Jatim, Daniel Fortino di peringkat ketiga.

    Untuk kategori Veteran, Zadiat menjadi yang terbaik mengalahkan pecatur asal Banten, Murtamar yang harus puas di posisi runner up. Sedangkan untuk peringkat ketiga ditempati pecatur Jabar, Suherman Maulana.

    BACA JUGA: Kisah Barista Coffe Habit Kota Banjar Bermimpi Menyajikan Kopi Terbaik Dalam Negeri

    fokusjabar.id Super Chess National Tournament
    Pembukaan Superchallenge – Super Chess National Tournament 2023. (FOTO: Istimewa)

    Gelaran turnamen dibuka secara resmi oleh Ketua Umum Pengprov Percasi Jabar, Deni Nurdyana Hadimin, didampingi anggota Bidang Pembinaan dan Prestasi KONI Jabar, Jajat Drajat Kusumanagara, serta Ketua Penyelenggara, H. Soleh Subari.

    “Superchallenge – Super Chess National Tournament tahun ini merupakan tahun ketiga penyelenggaraan. Dari sisi jumlah peserta terus mengalami peningkatan signifikan dari tahun ke tahun. Di tahun pertama hanya diikuti tidak lebih dari 50 peserta, lalu naik di tahun kedua menjadi 80 peserta, dan pada tahun ketiga jumlah peserta melonjak hingga 300 lebih,” kata Ketua Penyelenggara, H. Soleh Subari.

    Soleh menuturkan, gelaran turnamen diawali di sebuah gang kecil di kawasan Ledeng yang hanya menampung hingga puluhan peserta saja. Namun terus berkembang hingga tahun ketiga pelaksanaan yakni tahun 2023 yang jumlah peserta meningkat lebih dari tiga kali lipat.

    “Sebenarnya kita membatasi jumlah peserta di angka 300 orang, karena kalau tidak kita batasi bisa terus membludak mencapai 400 orang lebih. Tak hanya itu, gelaran turnamen pada tahun 2023 ini diikuti oleh pecatur-pecatur top tanah air bergelar Master maupun non-Master seperti Women Grand Master (WGM) Medina Warda Aulia, IM Yoseph Theolifus Taher, FM Hamdani Rudin, dan banyak lagi. Konsistensi ini tidak lepas dari dukungan penuh Superchallenge sebagai sponsor utama, karena itu kami sangat berterimakasih,” Soleh menjelaskan.

    fokusjabar.id Super Chess National Tournament
    Pertandingan Superchallenge – Super Chess National Tournament 2023. (FOTO: Istimewa)

    Sementara Ketua Umum Pengprov Percasi Jabar, Denny Nurdyana Hadimin mengapresiasi penyelenggaraan turnamen ‘Superchallenge – Super Chess National Tournament’. Turnamen yang digelar merupakan momen yang sangat ‘keren’ karena dilaksanakan dengan kemasan yang apik dan profesional sekaligus menjadi pemuas dahaga para pecatur di Jabar menyusul terhentinya beberapa kegiatan turnamen yang sudah pernah ada.

    “Super Chess National Tournament ini menjadi satu-satunya turnamen catur di nasional khususnya di Jabar dengan animo yang sangat tinggi. Dari sisi jumlah peserta pun membludak dan secara kualitas pun sangat baik karena diikuti oleh pecatur-pecatur dengan norma internasional dan nasional. Jadi ini sangat luar biasa dan kita sangat berharap dipertahankan,” kata Denny.

    Pengprov Percasi Jabar pun, lanjut Denny, sangat berkepentingan dengan pelaksanaan Superchallenge – Super Chess National Tournament ini. Salah satunya dalam menjaring bibit-bibit pecatur handal bagi Jabar untuk mempertahankan target juara umum di ajang PON.

    “Kita ini kan juara umum terus di PON dan atlet-atlet nasional ada di Jawa Barat. Dengan turnamen ini, kami yakin bisa melahirkan generasi penerus yang akan menjadi pelapis dan andalan Jabar di berbagai even. Karena itu, saya sangat menyambut baik dan berterima kasih atas penyelenggaraan turnamen serta pihak sponsor yang secara konsisten mendukung perkembangan olahraga catur di Jabar dan Indonesia,” Denny menegaskan.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img