spot_img
Minggu 19 Mei 2024
spot_img
More

    Aturan Baru Pembuatan SIM, Harus Punya Sertifikat Mengemudi

    JAKARTA,FOKUSJabar.id: Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menerbitkan aturan baru terkit pembuatan surat izin mengemudi (SIM). Nantinya, masyarakat harus memiliki sertifikat mengemudi

    Peraturan itu tertuang dalam Undang-unang Nomor 2 Tahun 2023 yang ditandatangani oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

    “Aturan tentang persyaratan administrasi itu ada disitu yang namanya umur 17 tahun ke atas, Perpol 05 Tahun 2021 itu sudah ada Perpol yang lama dia. Nah sekarang ini kita perbarui lagi, kita lengkapi lagi di Perpol 2 Tahun 2023 baru turun kemarin,” kata Direktur Registrasi dan Identifikasi Korlantas Polri Brigjen Yusri Yunus dikutip Selasa (20/6/2023).

    BACA JUGA: Libur Idul Adha dan Cuti Bersama Total 3 Hari

    Yusri menyebut, salah satu poinya mengatur persyaratan pembuatan SIM yang wajib menyertakan sertifikat sekolah menyetir bagi masyarakat yang ingin memiliki SIM.

    “Salah satunya jadi diwajibkan untuk persyaratan ini adalah persyaratan administrasinya memiliki sertifikasi mengemudi,” ucapnya.

    Menurut Yusri, sekolah menyetir itu tidak boleh sembarangan dan yang mengeluarkan sertifikat harus sekolah yang terpilih.

    “Dia harus terakreditasi sekolah mengemudinya atau instrukturnya itu juga sama harus resmi,” imbuhnya, melansir Beritasatu.

    Kemudian, Yusri mengatakan juga bahwa pihaknya tengah mengkaji aturan mengenai wajib mengantongi sertifikat dalam pembuatan SIM tersebut khususnya soal pelaksanaannya.

    “Nah ini yang lagi kita buat aturannya, bagaimana sih aturan, pelaksanaannya di bawah, (standar operasional prosedur) SOPnya seperti apa sih nanti,” ungkap mantan Kabid Humas Polda Metro Jaya itu.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img