spot_img
Rabu 22 Mei 2024
spot_img
More

    Dirlantas Polda Jabar Minta Nelayan Pangandaran Agar Pakai Helm saat Berkendara

    PANGANDARAN,FOKUSJabar.id: Direktorat lalu lintas Polda Jabar sasar nelayan untuk melakukan sosialisasi keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas, khususnya di wilayah Pangandaran.

    Sosialisasi penggunaan helm dan tata tertib keselamatan berkendara di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di Kidang Pananjung, Babakan, Pangandaran pada Kamis (15/6/2023) sore.

    Para nelayan dari berbagai kalangan dan komunitas diberikan penjelasan pentingnya memiliki kendaraan bermotor dengan surat yang lengkap dan memakai helm saat berkendara.

    BACA JUGA: Truk Tronton di Pangandaran Terguling

    Selain itu para nelayan berkesempatan mendapatkan helm dari polisi sebagai hadiah apabila dapat memberikan jawaban yang diberikan polisi.

    Salah satu nelayan di Pangandaran Tia Ardianti (36) mengatakan sangat senang dapat helm gratis dari polisi. 

    “Ya alhamdulillah mudah-mudahan bisa digunakan saat berkendara nanti,” katanya.

    Menurutnya memang selama punya motor tidak pernah memakai helm kalau berkendara kemana pun yang jaraknya dekat.

    “Iya sih sebelumnya kalau hanya ke pasar atau ke pantai mah gak pakai helm. Sekarang mah kan punya, jadi mau di helm nanti mah,” ucap Tia.

    Kasubdit Kamsel Ditlantas Polda Jabar AKBP Eti Rohaeti  mengatakan Pangandaran jadi sasaran sosialisasi ketertiban berlalu lintas bukan hanya hari ini tapi sudah beberapa tahun yang lalu.

    “Memang khusus untuk di Pangandaran sasaran dari kami untuk kaum nelayan,” kata Eti.

    Ia mengatakan nelayan yang biasanya bekerja di lautan, tidak ada aturan tata tertib saat mengambil ikan, tentunya pada saat di darat mereka merupakan dibawah tanggung jawab kepolisian dari sisi keselamatannya.

    “Jadi mereka harus tahu bahwa di darat itu ada aturan, terutama saat berkendara di jalan,” katanya.

    Selain itu pihaknya memberikan peringatan agar para nelayan, meskipun jarang berkendara, tetapi saat naik motor harus taat lalu lintas.

    “Karena harus mereka ketahui, pahami dan laksanakan karena aturan berlalu lintas merupakan hal yang mengingat bagi mereka namun manfaatnya akan sangat dirasakan para nelayan,” katanya.

    Kasat Lantas Polres Pangandaran AKP Asep Nugraha mengatakan setelah ada sosialisasi ini diharapkan dapat memberikan efek dan kesadaran.

    BACA JUGA: Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya Rangkul Berbagai Elemen Untuk Lakukan Pengawasan Pemilu

    “Karena ini upaya kita dari pihak intern satuan lalu lintas dari Ditlantas Polda Jabar  untuk bisa melaksanakan himbauan kepada masyarakat dan salah satunya tertib lalu lintas,” katanya.

    Menurutnya tingkat kesadaran masyarakat Pangandaran dalam menggunakan helm semakin meningkat lagi.

    “Alhamdulillah ada perkembangan, walaupun tidak signifikan peningkatannya,” ucapnya. 

    (Sajidin/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img