spot_img
Rabu 19 Juni 2024
spot_img
More

    Pengobatan Wasir: Pilihan Terbaik untuk Mengatasi Gangguan yang Mengganggu

    FOKUSJabar.id: Wasir adalah kondisi yang umum terjadi di mana pembuluh darah di sekitar anus atau rektum membengkak dan terjadi peradangan.

    Karena itu dapat menyebabkan gejala yang tidak nyaman seperti rasa gatal, nyeri, perdarahan, dan ketidaknyamanan saat buang air besar. 

    Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena ada banyak pilihan pengobatan yang efektif untuk mengatasi wasir. 

    Beberapa metode pengobatan yang paling umum.

    Perubahan gaya hidup:

    1. Dalam banyak kasus, wasir dapat mengendalikan dengan perubahan gaya hidup sederhana. 

    Menghindari sembelit dengan makan makanan tinggi serat, minum banyak air, dan berolahraga secara teratur SEHINGGA dapat membantu melunakkan tinja dan mencegah tekanan berlebihan pada pembuluh darah di daerah tersebut. 

    Juga penting untuk menghindari duduk terlalu lama dan menjaga berat badan yang sehat.

    Obat-obatan:

    1. Ada berbagai obat yang tersedia untuk mengatasi gejala wasir. Obat-obatan topikal seperti krim atau salep yang mengandung kortikosteroid dapat membantu mengurangi peradangan dan rasa gatal. 

    Selain itu,resep obat pencahar bisa kita gunakan untuk membantu melunakkan tinja dan meringankan sembelit.

    Prosedur non-bedah:

    1. Jika gejala wasir tidak mereda dengan perubahan gaya hidup dan obat-obatan, beberapa prosedur non-bedah dapat menjadi pilihan. 

    Salah satu prosedur ini adalah skleroterapi, di mana dokter akan menyuntikkan larutan yang mengencangkan pembuluh darah yang bocor. 

    Baca Juga: Hari Tanpa Tembakau Sedunia: Kesadaran Dampak Buruk Tembakau

    Metode lain adalah ligasi pembuluh darah elastik, di mana dokter menggunakan pita elastis untuk mengikat dan memotong aliran darah ke wasir. 

    Karena itu prosedur non-bedah ini umumnya tidak memerlukan waktu pemulihan yang lama dan bisa di klinik dokter.

    Bedah:

    1. Dalam beberapa kasus yang lebih parah, mungkin memerlukan prosedur bedah. Hemoroidektomi adalah salah satu prosedur yang paling umum untuk menghilangkan wasir. Prosedur ini melibatkan pengangkatan jaringan wasir secara fisik. 

    Melakukan bedah ini biasanya di bawah anestesi umum oleh karena itu memerlukan waktu pemulihan yang lebih lama banding dengan prosedur non-bedah.

    Kesimpulan:

    Pengobatan wasir dapat bervariasi tergantung pada tingkat keparahan dan gejala pengalaman oleh individu. Jika Anda mengalaminya, karenanya penting untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis yang tepat dan rekomendasi pengobatan yang sesuai.

    Wasir juga bisa ditangani melalui pemberian obat-obatan, baik obat yang dijual bebas di apotik maupun dengan resep dokter.

    (Erwin/Berbagai Sumber)

    Berita Terbaru

    spot_img