spot_img
Monday 29 April 2024
spot_img
More

    Bungkam Thailand 5-2, Sepak Bola Indonesia Akhiri Puasa 32 Tahun Emas SEA Games

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Timnas Indonesia U-22 membungkam Thailand 5-2 dan sukses membawa pulang medali emas di final SEA Games 2023, Selasa (16/5/2023).

    Pencapaian ini menjadi akhir dari penantian selama 32 tahun bagi Indonesia untuk meraih emas di turnamen multievent terbesar Asia Tenggara tersebut.

    Kala itu tepatnya 4 Desember 1991, Indonesia menyabet medali emas usai membekuk Thailand. Pasukan Garuda yang kala itu dilatih Anatoli Polosin membuat Gajah Perang gigit jari lewat adu penalti.

    Hanya saja, usai meraih medali emas tersebut, Indonesia harus menunggu lama. Kejayaan Pasukan Garuda di SEA Games cukup lama luntur dan kesulitan buat naik podium tertinggi.

    BACA JUGA: Timnas Indonesia ke Final SEA Games, Ini Kata Indra Sjafri

    Melansir IDN, Berkali-kali masuk final, Indonesia selalu gigit jari. Bahkan, ketika mentas di kandang sendiri pada 2011, Indonesia malah kalah dari Malaysia lewat adu penalti. Total, sebelum 2023, Indonesia selalu kalah dalam empat final terakhirnya di SEA Games.

    Sementara, Thailand justru berjaya. Sejak dikalahkan Indonesia pada 1991 silam, Thailand mampu meraih 11 medali emas. Hanya Malaysia dan Vietnam, yang sempat menghentikan dominasi Gajah Perang.

    Kini, Timnas U-22 mengakhiri kesialan itu. Mereka mampu mengalahkan Thailand lewat laga yang dramatis dengan skor 5-2.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img