spot_img
Jumat 17 Mei 2024
spot_img
More

    Terkendala Refocusing, Bangunan Aula Desa Kertajaya Ciamis Mangkrak

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Pembangunan Aula Desa Kertajaya Kecamatan Lakbok Kabupaten Ciamis, Jawa Barat terbengkalai, pembangunan tersebut tertunda akibat refocusing anggaran Covid-19 sekitar 4 tahun lalu. 

    Dari pantauan wartawan, bangunan Aula Desa Kertajaya terlihat terbengkalai itu terlihat lapuk bahkan sebagian material besi yang sudah terpasang nampak berkarat dan tembok bangunan berlumut karena terkena panas dan hujan.

    Kepala Desa Kertajaya Mujiono mengatakan, dirinya sudah berupaya semaksimal mungkin meminta bantuan kepada pihak terkait. 

    BACA JUGA: Jaga Ketertiban, Polres Ciamis Dan Kodim 0613 Patroli di Terminal

    “Untuk bangunan ini (Aula Desa) kan kemungkinan tidak bisa diambil dari anggaran dana desa, ya kita upayakan dengan bantuan-bantuan keuangan lainya seperti aspirasi atau Bantuan Keuangan Provinsi (banprov),” ucapnya Selasa, (2/05/2023). 

    Sedangkan menurut dia, bantuan dari Banprov nominalnya tiap tahun harus berganti karena tidak boleh digunakan di satu titik di setiap tahunya artinya harus bergantian. 

    “Mudah-mudahan ada bantuan dari yang lainya seperti bantuan keuangan dari Kabupaten, provinsi atau syukur-syukur ada bantuan dari pusat untuk mempercepat penyelesaian bangunan tersebut,” katanya. 

    Diketahui, Mujiono menjabat sebagai kepala desa baru satu tahun berjalan, ia berharap dalam periode pertama menjabat bangunan tersebut harus sudah selesai. 

    BACA JUGA: Momentum Hardiknas, Bupati Ciamis Ajak Masyarakat Semarakan Merdeka Belajar

    Untuk kegiatan aktivitas perangkat desa dan musyawarah desa ia mengandalkan bangunan yang berukuran 6×14 meter persegi yang lokasinya di dekat Aula. 

    “Kalau untuk kegiatan musyawarah tingkat desa masih bisa tercover, tapi kalau ada momen kegiatan akbar kita alihkan diluar,” katanya. 

    (Sajidin/Anthika Asmara) 

    Berita Terbaru

    spot_img