spot_img
Minggu 5 Mei 2024
spot_img
More

    Hujan Deras di Ciamis Tiga Kecamatan Diterjang Bencana

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Tembok Penahan Tebing (TPT) milik Heri yang berada di Dusun Kereta Desa Mekarjadi Kecamatan Sadananya Kabupaten Ciamis Jawa Barat ambrol.

    Matrial TPT menimpa rumah warga yang ada di bawahnya.

    Menurut Ketua Tagana, Ade Waluya, peristiwa ambrolnya TPT saat wilayah Kecamatan Sadananya dan sekitarnya diguyur hujan lebat dengan intensitas yang cukup tinggi dari sore sampai malam ini.

    BACA JUGA: Sungai Cimamut Meluap, Rumah Warga Ciamis Terendam

    “Barusan sekitar pukul 21.30 WIB, Kami telah menerima laporan ada TPT yang ambrol,” katanya, Selasa (2/5/2023) malam.

    Ade menuturkan, TPT tersebut ambrol diduga karena tanah sekitarnya labil dan tidak kuat menahan curahan hujan yang cukup deras.

    “Rumah milik Pak Rusman yang diterjang material longsoran TPT tersebut temboknya retak-retak sepanjang 12 meter,”ucapnya.

    Ade mengatakan, selain tembok dinding rumah nya retak-retak akibat diterjang material longsoran dari Tembok Penahan Tebing (TPT) yang ambrol tersebut tembok bagian kamar rumah korban jebol.

    “Tembok kamar rumah Pak Ruswan jebol diterjang material dari ambrolnya TPT itu,”jelasnya.

    BACA JUGA: STIKes Mucis Gelar Halal Bilhalal Pererat Silaturahmi

    Ade melanjutkan, akibat terjadinya curahan hujan yang cukup lebat yang mengguyur wilayah Kabupaten Ciamis selain di Kecamatan Sadananya rumah tertimpa material longsoran juga di wilayah Kecamatan Baregbeg dan Kecamatan Ciamis akibat sungai meluap sejumlah rumah warga terendam banjir sebatas lutut orang dewasa.

    “Akibat luapan Sungai Cikalagen Empat rumah warga di Dusun Baregbeg RT 01/06 masing-masing milik Atang, Kustoro, Ai Tatang dan Maman terendam air sebatas lutut orang dewasa.

    Namun seiring hujan mulai reda air yang membanjiri rumah warga itu sudah mulai surut,” ungkapnya.

    (Husen Maharaja/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img