spot_img
Sabtu 27 April 2024
spot_img
More

    Nana Suryana Jadi Walikota Banjar yang Paling Diminati

    BANJAR, FOKUSJabar.id: Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Bina Putra atau STISIP BP Kota Banjar melakukan mengenai siapa calon Walikota dan Wakil Walikota di daerahnya.

    Dalam survei tersebut nama Nana Suryana menjadi pilihan primadona masyarakat di Kota Banjar untuk menduduki posisi sebagai Wali Kota Banjar pada periode selanjutnya.

    Menurut Ketua Tim Pusat Kajian Demokrasi dan Kebijakan Publik Stisip BP Kota Banjar, Teguh Anggoro, desiminasi trend electoral pemilihan atas sejumlah nama yang memiliki potensi menjadi Kepala Daerah dan wakilnya akan memberikan pencerahan bagi rakyat di Kota Banjar.

    BACA JUGA: 3 Pelaku Curanmor di Banjar Diringkus Polisi, 4 Orang DPO

    Survei ini dikatakan Teguh dilakukan dari akhir Januari sampai 11 Februari 2023 lalu. Ia menyebutkan survei dilakukan dengan melibatkan beberapa dosen dan delapan mahasiswa yang biasa melakukan kegiatan seperti ini.

    “Survei ini melibatkan 339 responden dengan metode statistik dimana tim disebar secara profesional berdasarkan wilayah dan kelompok umur,” katanya kepada wartawan. Sabtu (4/3/2023).

    Berdasarkan hasil survei tersebut, nama Nana Suryana yang saat ini menjabat sebagai Wakil Walikota Banjar berhasil menduduki posisi atas.

    Nama Nana Suryana unggul 50,88 persen kemudian disusul oleh Dadang R Kalyubi (Ketua DPRD Banjar) 21,80 persen.

    BACA JUGA: Jadi Kurir Sabu di Kota Banjar, 2 Wanita Asal Bandung Diringkus Polisi

    “Saat ini kami masih melakukan survei elektabilitas perorangan bukan kelompok, artinya nanti akan muncul nama yang tertinggi,” kata dia.

    Selanjutnya, Teguh mengatakan berdasarkan hasil surveinya diketahui sekitar 27,8 persen belum menentukan pilihannya.

    “Menurut para peneliti mengatakan bahwa demokrasi di Banjar ini sedikit mengalami penurunan dalam indeks-indeks tertentu,” ucapnya.

    Ia menyebutkan pihaknya akan berupaya untuk memperbaiki dan turut berkontribusi untuk memberikan pencerahan kepada masyarakat agar bisa mempersiapkan dari awal siapa pilihan yang akan diusungnya.

    “Nanti kami akan melakukan survei lanjutannya,” kata Teguh.

    Menanggapi hal tersebut, Wakil Walikota Banjar Nana Suryana mengapresiasi atas diselenggaranya survei yang dilakukan Stisip Bina Putra Banjar.

    Mengenai namanya yang unggul dalam survei itu, Nana  juga mengatakan banyak terimakasih namun untuk saat ini dirinya akan lebih fokus dulu bertugas pada posisinya sekarang sebagai wakil Walikota Banjar.

    Nana juga akan fokus dulu mempersiapkan perhelatan pemilihan umum dalam konsentrasi Pilpres dan Pileg.

    “Sebagai wakil Walikota dan Ketua Partai saya akan fokus dulu pada tugas dan peran saya,” pungkasnya.

    (Budiana Martin\Anthik Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img