spot_img
Kamis 28 Maret 2024
spot_img
More

    Ridwan Kamil Ungkap Strategi Kejar Target Investasi Rp188 Triliun Tahun Ini

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pemprov Jabar mendapatkan target realisasi investasi, baik dari Penanam Modal Dalam Negeri (PMDN) maupun Penanam Modal Asing (PMA), sebesar Rp 188,01 triliun pada 2023. Sejumlah strategi pun disiapkan untuk merealisasikan target tersebut. 

    Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan, salah satu langkah yang tidak boleh dihentikan adalah menjemput investor untuk datang ke Jabar. 

    “Rezeki harus dijemput, kita door to door, bukan jaga warung. Pak Gubernurnya sudah mau jadi sales, hadir di forum negara Eropa dan lainnya. Itulah mengapa enam tahun berturut-turut kita juara investasi, lima tahunnya di masa saya, bisa pertahankan sampai sekarang,” ucap Ridwan Kamil dalam acara Forum Investasi Jabar Semester 1 2023 di Trans Hotel Bandung, Selasa (28/2/2023).

    BACA JUGA: Ridwan Kamil Tuntut Bapenda Jabar Optimalkan Pendapatan Daerah Melalui Pemanfaatan Digitalisasi

    Dalam forum bertema “Mendorong Investasi dalam Memperkuat Hilirisasi dan Kemitraan untuk Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan” tersebut, hadir Deputi Kepala Bank Indonesia Jabar Bambang Pramono dan sejumlah pengusaha/investor yang sudah berinvestasi di Jabar.

    Ia menuturkan, selain menjalin komunikasi dengan calon investor, kolaborasi dengan berbagai pihak intens dilakukan. Salah satunya dengan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jabar.

    “BI jadi pembisik saya, selalu melaporkan kondisi ekonomi terkini. Misal memberi info lampu kuning bakal inflasi, sehingga langkah yang akan dikerjakan jadi jelas,” ucapnya.

    Ke depan, menurutnya, Kawasan Rebana dan Jabar Selatan akan menjadi masa depan Jabar. Nanti, akan dibangun 13 kota baru dengan sekitar 80 proyek dan anggaran lebih dari Rp200 triliun.

    “Yang mau investasi di sana, saya imbau lebih ke investasi nature, kembangkan wisata Jabar Selatan yang keren,” tuturnya.

    Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Jabar Nining Yuliastini mengatakan, untuk mencapai target realisasi investasi pada 2023, ada lima wilayah yang akan menjadi tulang punggung investasi di Jabar yakni Kota dan Kabupaten Bekasi, Kabupaten Bogor, Kabupaten Karawang dan Kabupaten Purwakarta.  

    Nining menambahkan, target terbesar adalah Kabupaten Bekasi dengan investasi sekitar Rp50 triliun dan Karawang sekitar Rp40 triliun.

    “Lima wilayah ini diharapkan mampu mencapai target, sehingga target Jabar bisa terealisasi, tanpa mengesampingkan wilayah lain,” katanya.

    DPMPTSP Jabar sendiri akan meningkatkan penerbitan Nomor Induk Berusaha (NIB). Penerbitan NIB akan mempermudah munculnya usaha di masyarakat. Adapun pada 2022, telah diterbitkan 448 ribu lebih NIB di Jabar. Lima wilayah terbanyak yang menerbitkan NIB antara lain Kabupaten Sumedang, Kabupaten Bogor, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Bandung, dan Kabupaten Garut.

    Nining melaporkan, ada lima negara yang paling banyak berinvestasi di Jabar yakni Tiongkok, Singapura, Jepang, Korea Selatan dan Belanda. Pemda Provinsi Jabar juga akan mencari investor dari negara lain pada tahun ini.

    “Program Investasi Juara kami siapkan tahun ini, yakni dengan memberikan kemudahan perizinan, meningkatkan komunikasi dengan semua yang terlibat dalam investasi dan mengomunikasikan hambatan dan masalah yang muncul agar investasi lebih nyaman di Jabar,” kata Nining.

    BACA JUGA: Anies Pakai Slogan Pemprov DKI Jakarta untuk Kampanye, Heru Buka Suara

    Sementara itu, Deputi Kepala Bank Indonesia Jabar Bambang Pramono mengatakan, target investasi tahun ini bisa dicapai oleh Jabar jika melihat capaian investasi tahun 2022 yang mencapai Rp174,6 triliun.

    “Tahun ini banyak proyek di Jabar. Pengembangan Rebana dan Jabar Selatan juga terus dikebut. Hanya saja harus dicari ada kendala apa sehingga pengembangan Rebana belum bisa cepat. Jabar Selatan bisa menjadi lumbung pangan substitusi impor,” ujar dia.

    Berita Terbaru

    spot_img