spot_img
Minggu 28 April 2024
spot_img
More

    BPBD Ciamis Minta Warga Waspada Hadapi Cuaca Ekstrim

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Musim penghujan tiba rawan terjadi cuaca ekstrem Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis mengimbau masyarakat untuk waspada bencana serta tidak keluar rumah saat hujan deras dan angin kencang terjadi. 

    Hal itu disampaikan oleh Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Ciamis, Memet Hikmat saat melakukan evakuasi pohon trembesi yang tumbang di Jalan Jendral Ahmad Yani Kabupaten Ciamis, Senin (20/3/2023). 

    “Masyarakat harus waspada apalagi para pengendara roda dua, roda empat ataupun lebih apabila terjadi hujan deras maka segera lah menepi cari tempat yang aman karena sering disertai angin yang kencang,” kata dia. 

    BACA JUGA: BPBD Ciamis Petakan Wilayah Rawan Bencana, Warga Diminta Waspada

    memet mengatakan, Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) sebelumnya sudah memprediksi bahwa akhir akhir ini wilayah Indonesia akan mengalami cuaca ekstrem yang ditandai dengan tiga gejala utama yakni, hujan deras, angin kencang dan petir. 

    “Di Ciamis pada hari ini sekitar pukul 14.00 WIB telah terjadi hujan yang disertai angin kencang ada beberapa titik yang mengalami pohon tumbang salah satunya di Jalan Jendral Ahmad Yani dekat hotel budi family,” ucapnya. 

    BACA JUGA: Pohon Tumbang Di Ciamis Tutup Jalan Utama, Warga Minta Pemkab Segera Benahi

    Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut BPBD Ciamis bekerjasama dengan TNI, Polri, Dinas PRKPLH dan masyarakat sekitar langsung melakukan evakuasi pohon tumbang yang menutupi ruas jalan Ahmad Yani Ciamis. 

    “Alhamdulillah dalam waktu setengah jam kami berhasil mengevakuasi pohon trembesi dan arus lalu lintas sudah bisa kembali dilalui oleh pengendara,” pungkasnya.

    (Fauza/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img