spot_img
Sabtu 20 April 2024
spot_img
More

    Pohon Tumbang Di Ciamis Tutup Jalan Utama, Warga Minta Pemkab Segera Benahi

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Hujan deras yang disertai angin kencang menyebabkan pohon besar berjenis trembesi tumbang di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Senin (20/3/2023).

    Akses jalan sempat tertutup karena pohon tumbang berada di ruas Jalan Ahmad Yani tepatnya di dekat simpang lampu merah Graha, Ciamis. 

    Pantauan di lokasi, pohon trembesi yang tumbang tersebut menimpa tiang listrik membuat kabel yang berjajar di sepanjang jalan Ahmad Yani putus sehingga proses evakuasi membutuhkan waktu yang lama. 

    BACA JUGA: Baru Dibentuk, Bapenda Ciamis Susun Strategi Optimalisasi PAD

    Selain itu, arus lalu lintas pun tersendat karena jalan tidak bisa dilalui oleh para pengendara sehingga sempat menyebabkan kemacetan panjang. Untuk sementara pengendara yang hendak melalui jalan Ahmad Yani Ciamis dialihkan ke jalan Yos Sudarso. 

    Sementara itu, Hendra warga sekitar menjelaskan bahwa peristiwa pohon tumbang tersebut terjadi sekitar pukul 13.30 WIB saat terjadi hujan deras yang disertai angin kencang. 

    “Kejadiannya tadi pas hujan sekitar setengah dua, pohon trembesi itu tumbang menimpa tiang listrik dan menyebabkan kabel utama putus, kalau yang disebelah kiri itu jalur sambungan, ” kata dia kepada fokusjabar.id.

    Lebih lanjut, Hendra mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu karena saat kejadian tidak ada kendaraan yang lewat dan tim dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ciamis langsung cepat tanggap meluncur ke lokasi guna melakukan proses evakuasi. 

    “Alhamdulillah, tidak ada korban biasanya suka banyak lalu lalang kendaraan tapi tadi tidak ada yang lewat. Cuma tadi pas begitu roboh pohonnya sempat panik karena masih ada aliran listrik yang menyala,” ucapnya. 

    BACA JUGA: Dapur Rumah Warga Pamarican Ciamis Ambruk

    Dia berharap agar Pemerintah terkait bisa membenahi pohon trembesi yang sudah tua karena dikhawatirkan akan terjadi hal serupa saat hujan deras dan angin kencang terjadi. 

    “Lebih baik pohon yang ada di pinggir jalan ini yang kelihatannya sudah tua, rapuh dilakukan penanaman ulang pohon yang lebih kuat soalnya ini kelihatan sudah rapuh,” kata dia.  

    (Fauza/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img