spot_img
Sabtu 20 April 2024
spot_img
More

    Baru Dibentuk, Bapenda Ciamis Susun Strategi Optimalisasi PAD

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Meskipun baru diresmikan beberapa bulan lalu Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Ciamis mulai menyusun strategi untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah 2023 (PAD 2023) dengan menjalin sinergitas bersama seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan memanfaatkan potensi daerah. 

    Hal itu disampaikan oleh Kepala Bapenda Kabupaten Ciamis Aef Saepulloh saat ditemui di Aula Sekretaris Daerah Ciamis, Senin (20/2/2023). 

    “Terkait strategi tentu saya akan mempelajari terlebih dahulu ketentuan yang ada dan yang paling penting ketika pendapatan ingin kita naikan, ingin jadi sumber anggaran tentu harus bekerja sama dengan OPD di Ciamis,” kata dia. 

    BACA JUGA: Dapur Rumah Warga Pamarican Ciamis Ambruk

    Aef menjelaskan bahwa Bapenda juga akan memanfaatkan sumber daya dan potensi yang ada baik itu yang terkait dengan pajak daerah maupun pajak retribusi daerah. 

    “Kita akan menjalin komunikasi yang baik untuk melakukan pendekatan-pendekatan kepada para wajib pajak jadi memang aturan ini sudah mengikat kepada para wajib pajak,” ucapnya. 

    Menurutnya, untuk meningkatkan kesadaran para wajib pajak harus diberikan pemahaman melalui sosialisasi yang lebih humanis. 

    Namun disamping itu yang paling utama yakni bapenda akan melihat kekuatan sumber daya yang ada dan melihat potensi yang sebenarnya tentang pajak maupun retribusi dan berpedoman terhadap aturan. 

    “Saya bersyukur diberikan kepercayaan oleh Bupati menjadi Kepala Bapenda ini amanah yang harus saya jalankan. Mudah-mudahan saya diberi kelancaran dan sudah jelas kalau dibentuk lembaga baru itu PAD Ciamis harus mampu menjadi sumber anggaran bagi pembangunan Ciamis,” kata dia. 

    Sebelumnya, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya secara resmi melakukan pelantikan dan mengambil sumpah jabatan Administrator dan pengawas pada, Kamis (5/1/2023) lalu di Aula Setda Ciamis. 

    “Sesuai dengan regulasi Peraturan Daerah nomor 8 tahun 2016 yakni untuk meningkatkan kinerja dan memfokuskan tugas dinas sebagai penghasil kita menambahkan satu lembaga OPD baru yaitu Bapenda,” kata Herdiat. 

    BACA JUGA: Cari Bibit Pebola basket Potensial, Ciamis Gelar Kompetisi Antar Pelajar

    Dengan begitu, target yang sudah dibebankan dan diberikan di awal tahun 2023 kepada para pegawai bisa tercapai dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. 

    “Kita akan fokus untuk tata kelola keuangan daerah. Kalau dulu status nya tata kelola dan pendapatan sekarang sudah dipisah dengan hadirnya bapenda. Sebenarnya itu sudah direncanakan sejak tahun 2016 tapi alhamdulillah sekarang baru bisa terlaksana,” ucapnya.

    (Fauza/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img