spot_img
Kamis 28 Maret 2024
spot_img
More

    Cak Imin: Kiai NU Harap Deklarasi Capres Gerindra-PKB Sebelum Ramadan

    JAKARTA,FOKUSJabar.id: Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mengatakan, para kiai Nahdlatul Ulama (NU) berharap ada deklarasi capres-cawapres dari koalisi Gerindra-PKB sebelum Ramadan 1444 Hijriah.

    Diketahui, Ramadan tahun ini diperkirakan bakal dimulai pada akhir Maret 2023. Namun, sampai saat ini pemerintah belum menetapkan keputusan perihal awal puasa lantaran baru diputuskan usai sidang isbat.

    “Kiai-kiai kan membatasi kita bukan untuk apa-apa, membatasi supaya start kampanyenya itu kalau bisa paling akhir sebelum bulan Ramadan. Karena di bulan Ramadan itu nanti merupakan bulan-bulan di mana sangat efektif untuk berkampanye. Sehingga, kita berharap sudah ada keputusan siapa capres siapa cawapres itu, para kiai berharap sebelum Ramadan,” kata Cak Imin disela acara Sarasehan Nasional Satu Abad NU di Jakarta, Senin (30/1/2023).

    BACA JUGA: Mahasiswa UI Tewas Malah Jadi Tersangka, TGPF Lakukan Penyelidikan

    Cak Imin menyebut, untuk capres-cawapres dari koalisi Gerindra-PKB masih berproses. Menurutnya, semua masih melakukan pemetaan.

    “Ya kita akan berproses, sambil menunggu perkembangan partai-partai lain, dan tentu kita melibatkan partai-partai yang hendak bergabung sekaligus menunggu peta dari kekuatan presidential threshold dari partai-partai lain,” ujar dia.

    Dia menegaskan komunikasi dengan Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto berjalan produktif.

    Dia juga mengaku koalisi Gerindra-PKB semakin solid. Menurutnya, koalisi Gerindra-PKB juga akan membuat tim ahli.

    “Akan membuat tim ahli untuk mengkaji berbagai desain politik dan pemerintahan 2024. Kita juga siap menerima siapa saja tamu-tamu yang akan memberikan masukan, bekerja sama, dan juga partai-partai yang mau bergabung,” kata dia, melansir IDN.

    Dalam kesempatan itu, Cak Imin juga mengatakan, belum ada komunikasi lanjutan dengan NasDem setelah berkunjung ke Sekratariat Bersama Gerindra-PKB.

    “Belum, jadi mereka datang untuk membuka komunikasi, tapi kalau saya baca-baca mereka juga semakin solid di koalisi,” ujar Cak Imin di Jakarta, Senin (30/1/2023).

    Cak Imin juga menjelaskan, belum ada lagi partai politik yang akan berkunjung ke Sekber Gerindra-PKB dalam waktu dekat.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img