spot_img
Rabu 1 Mei 2024
spot_img
More

    Dishub Kota Bandung Tambah dan Perbaiki PJU

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung terus menambah dan memperbaiki Penerangan Jalan Umum (PJU) dan Penerangan Jalan Lingkungan (PJL). Hal itu dilakukan dalam rangka mewujudkan Bandung Caang Baranang.

    “Total pembangunan PJU dan PJL tahun 2023 sebanyak 475 PJU dan 3.069 PJL,” kata Kabid Prasaranan Dishub Kota Bandung Panji Kharismadi, Selasa (17/1/2023). Adapun sejumlah PJU dan PJL yang sudah diperbaiki dan ditambah, antara lain di sepanjang Jalan Bengawan (dari Shabu Hachi ke arah Jalan Ahmad Yani) dengan keluhan PJU banyak yang padam.

    BACA JUGA: Dishub Kota Bandung Siapkan Sejumlah Strategi Hadapi Nataru 2023

    Kemudian di Jalan Anggrek dari simpang Jalan Supratman sampai Jalan Riau diganti menggunakan Maradon 100 watt. Ada juga di RW 01 Jalan Mangga dan Jalan Cidurian dengan keluhan PJL padam. Dan juga di Jalan Samiaji (belakang pasar Ujungberung) dengan penanganan keluhan empat titik PJL padam.

    Upaya perbaikan PJU dan PJL antara lain dengan penggantian lampu yang sudah tidak mengeluarkan cahaya maksimal, pemeliharaan jaringan, serta penggantian lampu konvensional yang memakan daya besar dengan LED yang hemat energi dan lebih terang.

    Pemkot Bandung, kata dia, akan terus berkoordinasi dengan Pemprov Jabar terkait fasilitas penerangan jalan di ruas jalan berstatus jalan nasional ataupun jalan provinsi.

    “Alat Penerangan Jalan (APJ), baru dikelola Dishub pada 2022, sedangkan untuk perbaikan kita selalu membantu,” kata Panji.

    Pada prosesnya, kata dia, penambahan dan perbaikan PJU serta PJL untuk Bandung Caang Baranang membutuhkan partisipasi aktif masyarakat Kota Bandung untuk sama-sama menjaga APJ di Kota Bandung. Misalnya dengan melaporkan atau menanyakan saat ada petugas non Dishub mengotak-atik penerangan jalan.

    BACA JUGA: Tekan Angka Kejahatan, Dishub Kota Bandung Tambah Pemasangan CCTV

    “Bisa juga melaporkan gangguan APJ di Kota Bandung. Jika menemukan lampu PJU atau PJL mati, kami berharap masyarakat melaporkannya ke Dishub Kota Bandung melalui IG @dishubkotabdg atau @bidprashubkota bdg,” kata dia.

    (Yusuf Mugni/LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img