spot_img
Senin 30 Januari 2023
spot_img
More

    Bantu Korban Gempa Cianjur Grab dan OVO Siapkan Rp2 Milyar

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Grab Indonesia bersama OVO menyiapkan bantuan kemanusiaan senilai Rp2 milyar lebih untuk membantu korban gempa bumi Cianjur.

    Hal itu dilakukan sebagai bentuk solidaritas kemanusiaan serta dukungan pemulihan pascabencana alam yang mengguncang Cianjur.

    Bantuan itu terdiri dari uang tunai sebesar Rp1 milyar, ribuan kode voucher donasi yang bisa digunakan masyarakat Indonesia untuk memesan berbagai layanan Grab.

    Kemudian menggratiskan biaya perjalanan dan pengantaran di platform Grab bagi relawan di Kabupaten Cianjur, penugasan darurat tiga unit kendaraan roda empat sebagai kendaraan operasional bagi relawan Jabar Bergerak dan Jabar Quick Response, serta pendirian posko darurat yang berfungsi sebagai dapur umum tambahan.

    BACA JUGA: Lepas Penat, Ratusan Mitra Grab Nobar Sri Asih

    Ketua Umum Jabar Bergerak Atalia Praratya mengapresiasi upaya Grab Indonesia dan OVO dalam membantu korban bencana alam di Kabupaten Cianjur.

    Grab
    Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Grab Indonesia dengan Jabar Bergerak (ist)

    “Uluran tangan dari berbagai pihak ini bisa membantu memenuhi kebutuhan esensial para pengungsi saat ini. Saya berterimakasih atas kontribusi Grab Indonesia dan OVO, baik dalam penyediaan unit mobil operasional bagi relawan maupun uang tunai Rp250 juta kepada Jabar Bergerak,” kata Atalia di Bandung, Kamis (1/12/2022).

    Ini, kata dia, sangat membantu pemerintah memudahkan penanganan bencana, khusunya dengan keterbatasan armada transportasi dan kapasitas posko yang ada saat ini.

    “Semoga ini bermanfaat bagi ribuan saudara-saudara kita yang masih berada di pengungsian,” kata dia.

    Country Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi mengatakan bahwa keluarga besar Grab Indonesia dan OVO turut berduka atas musibah yang menimpa Kabupaten Cianjur.

    Solidaritas kemanusiaan ini, kata dia, menjadi salah satu bentuk empati dan uluran tangan bagi terdampak, termasuk para mitra pengemudi dan merchant.

    “Kami percaya bahwa dengan bergandengan tangan, kita bisa sedikit demi sedikit memperbaiki keadaan. Kita berharap saudara-saudara di Cianjur bisa terus diberikan kekuatan dan kesehatan dalam menghadapi masa sulit ini,” kata Neneng.

    Guna memudahkan mobilisasi para relawan di area terdampak gempa menuju posko-posko penting, Grab Indonesia memberikan layanan gratis penggunaan GrabCar dan GrabBike serta meniadakan biaya pengiriman bagi layanan GrabExpress dan GrabFood dengan menggunakan kode voucher ‘PEDULICIANJUR’.

    Adapun detail pemakaiannya adalah sebagai berikut:

    GrabCar dan GrabBike tujuan RSUD Sayang Cianjur (posko kesehatan) dan Taman Prawatasari (posko pengungsian) dengan jarak 4 kilometer dan 4 kali gratis hingga 9 Desember 2022.

    GrabExpress dan GrabFood tujuan Pemkab Cianjur (posko logistik dan makanan) dengan jarak 5 kilometer hingga 6 kilometer sebanyak 2 kali hingga 7 Desember 2022.

    Sejak 23 November 2022, Grab Indonesia juga telah mendirikan posko darurat di lokasi kantor yang berada di daerah Cilaku, Kabupate Cianjur.

    Adapun fungsi posko tersebut utamanya sebagai dapur umum tambahan yang bisa membuat dan menyalurkan hingga 300 porsi makanan per harinya.

    Hal ini dimungkinkan oleh kontribusi berbagai mitra strategis seperti AQUA dan Little Joy yang turut serta mengakomodasi operasional posko dapur umum dengan pasokan kebutuhan air mineral dan bubuk tabur gizi untuk bayi dan balita.

    BACA JUGA: Grab-Gojek Minggir! Ojol di Sini Digaji Rp10 Juta/Bulan

    Director of West Indonesia, Grab Indonesia Richard Aditya mengatakan, posko tersebut pun menjadi markas logistik untuk penyaluran ratusan paket sembako bagi mitra pengemudi dan merchant Grab yang terdampak bencana.

    Menurut dia, pemerintah tidak bisa bekerja sendiri untuk menyelesaikan persoalan ini. Maka di masa penuh kesulitan seperti saat ini, solidaritas menjadi pembeda dalam menyelesaikan masalah di tanah air.

    “Saya mengapresiasi setinggi-tingginya bagi para mitra pengemudi dan dan karyawan Grab Indonesia yang terus bersinergi membantu rekan-rekan pengemudi dan UMKM Grab terdampak bencana ini. Berkat kerja sama solid ini, penanganan dan bantuan-bantuan yang disiapkan lebih cepat sampai kepada yang membutuhkan,” kata Richard.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img