spot_img
Selasa 29 November 2022
spot_img
More

    Harkannas, Kawasan Kampung Nila Ciamis Harus Jadi Model dan Magnet Masyarakat

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Kampung Nila Kawali menjadi lokasi puncak Peringatan Hari Ikan Nasional (Harkannas) ke-9 yang dilakukan oleh Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Kabupaten Ciamis, Jumat (25/11/2022).

    Sesuai dengan tema tahun ini yakni ‘Ikan Menyehatkan dan Mencerdaskan Untuk Generasi Unggulan’ beragam kegiatan digelar meriah dari mulai lomba melukis dari anak TK hingga fashion show produk unggulan kampung nila Kawali. 

    Kepala Disnakkan Ciamis Syarif Nurhidayat mengatakan bahwa alasan digelarnya Harkannas ke-9 di Kampung Nila Kawali karena saat ini Kampung Nila sudah menjadi model dan magnet bagi masyarakat Ciamis dan luar Ciamis. 

    BACA JUGA: Munas Ke 11, Member BMWCCI se-Indonesia Bahas Perkembangan dan Kemajuan Club

    “Kampung Nila saat ini sering menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan berbagai event khususnya yang berhubungan dengan ikan dan salah satu produk unggulannya yakni es krim nila sudah dikenal di luar Ciamis,” kata dia. 

    Lebih lanjut Syarif menjelaskan pada harkannas ke-9 ini juga bertepatan dengan milad yang ke-2 Kampung Nila Kawali sehingga dilakukan beragam kegiatan dan mengkampanyekan masyarakat untuk rajin mengkonsumsi ikan. 

    “Ikan ini sumber protein, agar mampu mencetak generasi yang unggul untuk penerus bangsa kita harus mensosialisasikan makan ikan sejak dini kepada masyarakat,” kata dia.

    Sementara itu Bupati Ciamis Herdiat Sunarya yang diwakili oleh Asisten Daerah (Asda) 2 bidang perekonomian dan pembangunan Aef Saefulloh menjelaskan bahwa alasan digelarnya harkannas di Indonesia karena Indonesia merupakan negara kepulauan dan sudah diatur oleh Presiden. 

    “Dua hal yang melandasi kegiatan harkannas itu yakni Indonesia negara maritim banyak pulau tentu memiliki potensi ikan yang luar biasa dan untuk menyadarkan masyarakat bahwa kita itu memiliki unggulan di sektor perikanan,” ucapnya. 

    Aef menjelaskan Presiden telah menginstruksikan bahwa Indonesia harus menurunkan stunting sama hal nya di Kabupaten Ciamis salah satu caranya yaitu kita harus gemar makan ikan.

    BACA JUGA: Pengendara X-Max Meninggal Setelah Dihantam Mobil Pickup di Ciamis

    Dia berharap agar di Kampung Nila dilakukan penataan yang terperinci agar orang yang datang dari luar daerah bisa mengetahui dan harus menjadi kawasan. 

    “Harus ada semacam galeri di tata seperti es krim Nila ada gerai nya, tempat bakar ikan ada gerai nya terus harus ada yang unik agar orang dari luar Ciamis penasaran untuk datang kesini,” pungkasnya.

    Berita Terbaru

    spot_img