spot_img
Rabu 30 November 2022
spot_img
More

    Porprov XIV Jabar Segera Usai, Ini Kata M. Budiana

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIV Jawa Barat akan segera berakhir dan ditutup pada Sabtu (19/11/2022) di Kabupaten Ciamis. Beberapa cabang olahraga sudah menyelesaikan pertandingan serta tersisa sekitar 150 medali emas untuk diperebutkan 26 kota dan kabupaten di hari terakhir pertandingan, Jumat (18/11/2022).

    Ketua Panitia Pusat (PP) Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIV Jabar, M. Budiana mengatakan, Ketua Umum KONI Jabar beserta jajaran PP Porprov XIV Jabar sudah melakukan kunjungan ke beberapa venue cabang olahraga yang tersebar di 9 kota/kabupaten. Tak hanya menyaksikan jalannya pertandingan, namun yang terpenting adalah memastikan pertandingan berjalan dengan lancar dengan kualitas yang tetap terjaga.

    “Secara umum, penyelenggaraan pertandingan di setiap venue ini berjalan cukup baik dan lancar. Kami tidak menutupi jika masih ada ada beberapahal yang harus diperbaiki, seperti dinamika yang terjadi saat pelaksanaan pertandingan di beberapa cabor yang berasal dari aspirasi teman-teman di kontingen kota dan kaupaten,” kata Budiana saat ditemui di gedung KONI Jabar, Jalan Pajajaran Kota Bandung, Kamis (17/11/2022) malam.

    fokusjabar.id porprov xiv jabar
    Ketua PP Porprov XIV Jabar, M. Budiana saat menutup penyelenggaraan pertandingan cabang olahraga Kempo. (FOTO: Istimewa)

    Untuk itu, lanjut Budiana, KONI Jabar beserta jajaran PP Porprov XIV Jabar sangat terbuka dengan berbagai masukan maupun kritikan yang bersifat mengoreksi berbagai kebijakan yang muncul. Baik dari KONI Jabar maupun PP Porprov XIV Jabar.

    “Secara struktural, PP Porprov XIV Jabar hanya sebagai pelaksana dan secara umum bisa melakukan itu dengan baik. Kita menyadari belum sepenuhnya sempurna dan itu akan menjadi bahan evaluasi kita kedepan,” Budiana yang merupakan Ketua Harian KONI Jabar itu menambahkan.

    Budiana menerangkan, konsep pelaksanaan Porprov XIV Jabar tahun 2022 dengan tuan rumah yang tersebar tidak hanya di satu kota menjadi yang pertama kali digelar. Untuk itu, masih dibutuhkan beberapa penyesuaian di berbagai hal.

    “Hikmah yang harus diambil dari dinamika yang terjadi ini adalah bagaimana kita bisa terus memperbaiki dan mengevaluasi segala kekurangan untuk lebih baik kedepan. Karena itu, mari kita terus bersemangat, saling mengingatkan, saling introspeksi dan saling mendukung untuk menuju kebaikan. Dengan segala kekurangan yang ada, inilah yang bisa kami lakukan dan persembahkan untuk masyarakat olahraga Jabar,” Budiana menegaskan.

    BACA JUGA: Pelatih Persib Siap Game Internal

    fokusjabar.id porprov xiv jabar
    Venue gantole di kawasan Pasir Gowong, Desa Nanggewer, Kecamatan Pagerageung, Kabupaten Tasikmalaya. (FOTO: Istimewa)

    KONI Pusat sendiri mengapresiasi pelaksanaan Porprov XIV Jabar yang diselenggarakan tersebar di sembilan kota/kabupaten. Langkah dilakukan KONI Jabar bersama PP Porprov XIV Jabar ini bisa menjadi role model bagi provinsi lain dalam menggelar multieven olahraga di provinsi masing-masing.

    “Bukan hal mudah untuk memanage penyelenggaraan multievent olahraga provinsi yang dilaksanakan di banyak daerah dengan jumlah cabor dan disiplin cabor yang juga begitu banyak. Ini tantangan dan bisa menjadi role model terkait penyelenggarakan multievent olahraga tingkat provinsi,” kata Wakil Ketua I Bidang Organisasi KONI Pusat, Eman Sanusi di sela-sela pemantauannya di venue gantole, kawasan Pasir Gowong, Desa Nanggewer, Kecamatan Pagerageung, Kabupaten Tasikmalaya, Kamis (17/11/2022).

    Eman menuturkan, KONI Pusat sangat konsen melakukan monitoring secara langsung pelaksanaan Porprov XIV Jabar. Pasalnya, Jabar merupakan pemegang supremasi prestasi olahraga tertinggi di Indonesia dengan pembinaan keolahragaan yang bagus.

    “Ini dibuktikan Jabar di dua kali gelaran PON dengan meraih titel juara umum, itu menjadi bukti yang tidak bisa terbantahkan. Dan untuk Porprov XIV Jabar ini, kami sebar personil ke setiap daerah yang menjadi tuan rumah penyelenggaran pertandingan. Memang ada beberapa kendala yang terjadi tapi masih bisa diperbaiki. Secara keseluruhan, penyelanggaraan sudah cukup baik dan ini bisa dijadikan role model,” Eman menegaskan.

    Jelang penutupan Porprov XIV Jabar, kontingen Kabupaten Bekasi masih memimpin puncak klasemen sementara raihan medali. Kabupaten Bekasi bersaing dengan Kabupaten Bogor yang berada di posisi kedua, Kota Bandung di posisi ketiga, Kabupaten Bandung di posisi keempat, dan Kota Bogor di posisi kelima.

    Porprov XIV Jabar sendiri akan ditutup pada Sabtu (19/11/2022). Rencananya, gelaran multieven olahraga empat tahunan di Jabar ini akan ditutup Gubernur Jabar, Ridwan Kamil di Alun-alun Ciamis.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img