spot_img
Tuesday 30 April 2024
spot_img
More

    Warga Ciamis yang Kelaparan Dapat Bantuan dari Pemkab dan DPRD

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Pemkab Ciamis kecolongan dengan adanya warga yang mengaku kelaparan karena tidak memiliki uang dan luput dari perhatian pemerintah. 

    Asisten Daerah (Asda) Kabupaten Ciamis Wasdi Ijudin mengatakan, bahwa keluarga Sutikno yang berada di Desa Baregbeg Kecamatan Baregbeg Kabupaten Ciamis, Jawa Barat merupakan warga kurang tidak mampu. 

    “Kami datang saat ini untuk memastikan bahwa memang benar ada warga di Baregbeg ini yang perlu mendapat bantuan,” kata Wasdi 

    Lebih lanjut Wasdi menjelaskan bahwa keluarga tersebut, setelah lama tinggal di Desa Baregbeg keluarga ini memang tidak memiliki data kependudukan baik Kartu Keluarga (KK) maupun Kartu Tanda Penduduk (KTP). 

    BACA JUGA: Kerap Tidak Punya Makanan, Keluarga di Ciamis Ini Sering Puasa

    “Jadi seperti kecolongan warga Baregbeg ini luput dari perhatian pemerintah, Padahal keluarga ini juga baru memiliki data kependudukan KTP dan KK baru satu bulan. Kedepannya Pemkab Ciamis akan memperhatikan keluarga ini,” kata dia.

    Kemudian Pemkab Ciamis sangat berterimakasih dan mengapresiasi  jajaran TNI AD Babinsa Kodim 0613/Ciamis yang telah mengawali kepedulian kepada keluarga Sutikno untuk memberikan kepedulian terhadap warga Ciamis yang kelaparan. 

    “Kami mengapresiasi gerakan yang dilakukan oleh Babinsa, dan saya sangat berterima kasih atas kepeduliannya terhadap warga,” kata dia.  

    Sementara itu Ketua Komisi D DPRD Ciamis Syarif Sutiarsa mengatakan, dengan adanya warga miskin yang perlu mendapat perhatian merupakan tugas bersama semua pihak agar saling koordinasi saat mengetahui bila mana ada warga seperti keluarga Pak Sutikno untuk memberitahukan ke pihak  Pemerintah agar tidak terjadi seperti saat ini di kemudian hari.

    “Kami juga sangat berterimakasih kepada pihak Kodim 0613/Ciamis yang telah peduli kepada warga Desa Baregbeg itu,” kata dia.

    Syarif melanjutkan, dengan adanya kepedulian dari TNI kepada masyarakat yang kurang mampu terbukti bahwa tugas TNI bukan hanya menjaga keutuhan NKRI saja tapi juga telah menjaga kesejahteraan masyarakat, mengayomi dan membuat keamanan serta kenyamanan di wilayah binaannya itu telah dibuktikan oleh Babinsa Baregbeg.

    “Tugas beliau (Peltu Nurjaya) sangat luar biasa  sehingga apa yang menjadi informasi itu menggugah kami semua untuk berbuat baik hati kepada sesama yang sangat membutuhkan perhatian dan kami sangat mendukung program Babinsa masuk dapur serta kami pun akan membantu mereka, ” kata dia.

    BACA JUGA: Partai NasDem Ciamis Buka Pendaftaran Bacaleg

    Kasdim 0613/Ciamis Mayor Arh Wilde Pangalerang menjelaskan, tujuan dari Babinsa masuk dapur sendiri itu merupakan perintah pimpinan komando atas yang masih melihat masih ada masyarakat yang mungkin sehari-harinya tidak masak. Melihat hal itu Para Babinsa diperintahkan untuk membantu masyarakat di wilayah binaannya masing masing agar tetap bisa terpenuhi makannya.

    “Babinsa merupakan orang yang paham akan situasi wilayah desa binaannya sehingga mereka tahu  mana masyarakat yang mengalami kesulitan sehingga membutuhkan bantuan dan mereka wajib membantunya karena itu perintah. Untuk memastikan masyarakat masih bisa makan komando atas perintahkan babinsa untuk membantu mereka supaya masyarakat tetap bisa makan sesuai pola makan berdasarkan aturan kesehatan,” kata dia.

    (Husen Maharaja/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img