spot_img
Selasa 29 November 2022
spot_img
More

    Sering kesemutan, Hati-hati Bisa Jadi Gejala Penyakit Berbahaya

    FOKUSJabar.id: Kesemutan adalah penyakit yang disebabkan karena kerusakan pada sistem saraf peripheral. Kesemutan ini bisa jadi indikasi atau gejala penyakit berbahaya maka dari itu kamu harus waspada jika sering kesemutan.

    Biasanya terjadi karena bagian tubuh tertekan sehingga aliran darah ke saraf tidak lancar dan banyak faktor pemicunya seperti terlalu lama bersila, pemakaian sepatu yang sempit, dan salah posisi saat tidur. 

    Melansir dari Gue Sehat, Kesemutan sendiri bersifat sementara adapun yang bersifat berkepanjangan, tergantung penyebab yang mendasarinya. Walaupun lama kelamaan akan normal kembali namun bisa menggambarkan indikasi beberapa penyakit. 

    Baca Juga: 4 Cara Atasi Mata Ikan di Telapak Kaki

    Berikut beberapa penyakit yang mempunyai gejala kesemutan :

    1. Gula Darah

    Pada penderita gula darah kesemutan merupakan gejala kerusakan pada pembuluh darah. Selain sering juga ditandai dengan gejala luka sulit sembuh, penglihatan kabur, dan sering merasa letih.

    2. Stroke

    Stroke adalah keadaan darurat medis karena tanpa oksigen dan nutrisi, sel-sel di bagian otak yang terkena dapat mati dalam hitungan menit. Akibatnya, bagian tubuh yang dikendalikan oleh daerah otak ini tidak dapat berfungsi dengan baik dan salah satu gejalanya yaitu kesemutan.

    3. Tumor Otak

    Gejala tumor otak ini berbeda-beda menurut jenisnya. Gejala tergantung pada ukuran, tingkat pertumbuhan, dan lokasi tumor. Tumor otak yang kecil biasanya tidak menimbulkan gejala.

    Seiring berkembangnya tumor otak ini bisa menyebabkan gejala seperti sakit kepala, gangguan neurologis seperti mati rasa atau kesemutan, kelemahan otot, dan kejang.

    4. Gangguan saraf CTS (Carpal Tunnel Syndrome)

    Carpal tunnel syndrome (CTS) terjadi ketika terowongan karpal menyempit saat jaringan di sekitarnya membengkak dan menekan saraf median. Meski bisa terjadi pada siapa saja, wanita lebih berisiko dari pria.

    Penyakit ini biasanya oleh penderita yang sebelumnya sering menggunakan alat-alat berat yang bergetar, pengendara motor jarak jauh, ataupun Ibu rumah tangga yang sering meng-ngulek di dapur.

    Mengantisipasi sementara ini dengan biasanya dengan beberapa cara seperti meregangkan bagian yang kesemutan biarkan darah mengalir dengan normal. 

    Baca Juga: Tips Diet Ala Fanny Ghassani

    Hindari pakaian dan sepatu yang sempit agar tubuh bisa lebih leluasa. Namun jika kamu menderita yang berkepanjangan, bisa langsung segera konsultasikan pada dokter.

    (Erwin)

    Berita Terbaru

    spot_img